Pakan yang baik untuk ikan discus…!!!

image

Hallo masbro dan mbaksis… apa kabar semuanya…???

Apakah anda tahu ikan discus…???  Ikan ini badannya bulat tapi tipis, warnanya bermacam-macam. Pernah saya bahas sedikit di sini.
Sekarang saya ingin bahas tentang makanan apa yang bagus untuk ikan discus ini.

image

Ikan discus adalah ikan yang cukup sensitif, kadang kita perlu pasang heater supaya suhu airnya tetap stabil. Supaya ikan anda tetap sehat dan warnanya makin cerah, tentu harus diperhatikan kadar PH air dan yang ga kalah penting adalah makanannya.

image
Cacing beku

Biasanya ikan discus yang masih kecil bagusnya diberi pakan berupa cacing beku untuk membantu pertumbuhannya. Nanti setelah lumayan besar, segera beralih ke makanan berbentuk pellet. Selain mudah untuk menyimpannya, makanan yg berbentuk pellet lebih banyak mengandung vitamin yang bagus untuk membantu menjaga warna ikan supaya tetap cerah. Salah satunya yaitu Tetra bits.

image
Tetrabits Complete...

Tetrabits adalah salah satu makanan ikan discus yang berbentuk pellet granule. Pellet ini tenggelam ke dalam air dan bisa diberikan kepada semua jenis ikan discus. Bukan hanya untuk ikan discus saja, pellet ini juga bisa untuk ikan jenis lain selain discus  bahkan ikan-ikan kecilpun bisa memakannya.

image

Selain pellet tetra bits, bisa juga diberikan pakan berupa burger. Burger ini maksudnya jelas bukan hamburger yg dijual KFC yaaa…… :mrgreen:
Burger adalah jantung sapi yang diblender, lalu dibekukan supaya tahan untuk disimpan lebih lama. Bisa juga ditambahkan obat untuk membantu menaikan warna ikan supaya makin indah dan mempesona. Tentang obat untuk membantu mencerahkan warna ikan, dulu sudah pernah saya bahas di sini.

Cukup segitu saja pembahasan singkat tentang makanan yang bagus untuk ikan discus, semoga ikan-ikan yang anda rawat tetap sehat dan lincah.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Posted by Ferboes Richardson

27 respons untuk ‘Pakan yang baik untuk ikan discus…!!!

  1. Malam masbro..newbie nih.
    Ane mulai hobi pelihara discuss bbrp bulan ini. Sedari awal, karena ga mau ribet, pilih pakan cacing beku. Kmrn disarankan (dan krn baca artikel ini juga) untuk mulai pindah ke pakan pelet. Ane akhirnya beli tetra bits (mahal ya :-))). 2 hari terakhir dicoba, discuss ane ga mau nyentuh itu makanan mahal euy 😐 ada yg bisa kasih masukan biar discuss ane mau makan itu pelet? Hehe..kasian juga soalnya kalo dipaksain, kelaperan nanti.

    1. Malam masbro, untuk pindah pakan memang butuh waktu. Puasain dulu ikannya 1 hari, trus kasih tetabits dikit2. Agar gak kelaperan ikannya, sesekali kasih cacing beku lagi. Tapi tetap usahakan tetrabits dikasih dikit2 aja. Kalau sisa, diserokin aja. Maksimal 1x24jam di dalam tank. Lama2 pasti mau. Kalau udah doyan, nanti mulai terasa buat beli pakannya. Xixixixiii

      1. Iya, sekali beli juga langsung terasa. Hehe..
        Nuhun masbro..kalo boleh minta kontak & domisili, buat sekadar sharing. Oh iya, ane domisili di bogor. Salam kenal.

Tinggalkan komentar