Ikan pemakan kutu untuk kolam koi…….!!!!

s51203-092511-001_wm.jpg

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Jika kita melihat ikan peliharaan kita sehat dan lincah pasti akan membawa perasaan yang tenang tentunya, lalu bagaimana jika ikan kita sakit…??? Kita pun juga dibuat pusing olehnya.
Ikan koi dan ikan koki adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak diminati oleh para penghobbies ikan hias.
Kali ini saya ingin membahas tentang ikan yang bisa dicampur dengan ikan koi, dan tentu saja bukan cuma dicampur akan tetapi memiliki fungsi untuk mengurangi populasi kutu ikan dikolam anda khususnya untuk kolam ikan koi….

Pada dasarnya ada dua jenis kutu yang sering kita jumpai pada tubuh ikan koi. Yaitu kutu tempel atau kutu kura-kura, karena bentuknya bulat seperti kura-kura dan satu lagi adalah kutu jarum.
Sebenarnya kutu-kutu ini bisa dihilangkan dengan obat yang dijual ditoko-toko ikan hias. Biasanya dilakukan pengobatan jika ikan sudah terkena atau dijangkiti kutu-kutu tersebut. Lalu bagaimaa untuk pencegahannya…..???
Naaahhhh….. Ada beberapa jenis ikan yang bisa digunakan sebagai pencegahan untuk memakan kutu-kutu tersebut.salah satunya yaitu ikan sumatra atau puntius tetrazona.
Ikan kecil ini sangat aktif dan gesit. Dia bisa bergerak dengan cepat untuk memakan kutu-kutu yang ada dikolam ikan koi anda. Bisa juga ditaruh di bak filter yang airnya menggenang untuk memakan jentik-jentik nyamuk.
Untuk lebih jelas tentang jenis-jenis ikan sumatra silahkan click artikel lawas dibawah ini….
=> https://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/11/11/puntius-tetrazona-kecil-kecil-cabe-rawit/

 

Jenis ikan yang kedua adalah ikan manfish atau yang lebih terkenal dengan nama angel fish. Ikan ini juga bisa dimasukan kedalam kolam koi anda untuk membantu mengurangi populasi kutu didalamnya. Biasanya ikan ini dicampur dengan ikan koki untuk memamakan kutu pada tubuh ikan koki, tapi disarankan untuk tidak mencampur ikan koki dengan ikan lain selain jenis ikan koki juga.
Ikan manfish berenang lebih lambat dibanding ikan sumatra tapi sama-sama doyan memakan kutu-kutu yang ada didalam kolam, untuk lebih jelas tentang ikan manfish ini silahkan baca artikel lawas dibawah ini…..
=> https://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/11/10/angel-fish-salah-satu-jenis-ikan-paling-dikenal-di-indonesiaaa/

Nah, itulah jenis ikan yang paling banyak dicari oleh penghobbie ikan koi untuk membersihkan kutu didalam kolam ikan koi.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Update: nih gambar kutu tempel atau kutu kura-kura nama kerennya “argulus” gan…
Kutu tempel

Nih kalo dah nempel diikan…
Kutu tempel

Kalo yang ini kutu jarum atau biasa juga disebut kutu jangkar….
Kutu jarum

Ini kalo dah nempel diikan…
Kutu jarum

Semoga berguna 🙂

Baca juga yang berikut ini guys…




Iklan

39 respons untuk ‘Ikan pemakan kutu untuk kolam koi…….!!!!

      1. lg repot gan, banyak kesibukan 🙂
        kl ikan koi warnanya bs pudar ,itu knp ya gan kira2 sebab musababnya.

  1. ikan koi ada kutunya jg yach….wew br nge..?!?!.
    kirain cmn beras yg banyak kutunya, kutunya rambutnya gondrong 😀
    aik.aik.aik.aik.aik.aiik.

  2. Artikel yg penuh manfaat, makasih atas pencerahanya. Kalo boleh tau toko dimana ? sy kerja di daerah ampera raya cilandak dan tinggal di D.I.C ( daerah istimewa citayam )

  3. NITIP LAPAK KANG
    YANG MAU KREDIT MOTOR BISA DISINI
    syarat cuma KTP n KK bandung
    DP bisa pakai motor bekas (DARI TAHUN 1993-2013 SAYA TERIMA GAN,ASAL JANGAN MOTOR CURIAN)
    data di bantu sampai beres
    diskon akhir tahun 500rb-2,000,000 cuma dsni yang berani , hehe
    type n warna ap aj siap ready

    http://wijayamotorbandung.blogspot.com/

    http://www.kaskus.co.id/thread/5280be9bbccb17cb25000001/kredit-motor-honda-diskon-sampai-2jt-cuma-disini-tempatnya-bandung-area

  4. Siang Gan.
    SAya mau tanya untuk ikan koki yang kena kutu jarum kalau saya kasih obat kutu blast itu cepat ga kerjanya?,soalnya saya dah taruh ikan manfish 1e,tapi manfishnya ga makan kutu jarum yg di koki.sementara sih saya pakai obat dylox

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s