Ikan pari air tawar….. Keren juga nih…….!!!!!

Motoro

Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya…???
Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang binatang air yang lumayan menarik dan unik…. Apakah itu….????

Stingray atau ikan pari adalah Salah satu jenis ikan yang cukup unik, dari bentuk badannya, cara bereangnya, dan cara makannya.
Ikan pari ini ternyata bukan cuma dari air asin atau air laut saja, akan tetapi ada juga yang berasal dari air tawar…. Diantaranya adalah jenis motor, henlei, pearl, dan leopoldy.
Masing2 jenis ikan pari ini memiliki warna dan corak yang beragam.

Pearl

Beberapa tahun lalu sempat booming, akan tetapi ga bertahan lama mulai redup dan menghilang. Ikan pari ini bisa memakan udang, ikan kecil atau bisa juga cacing beku. Menarik sekali melihat ikan ini berenang kesana kemari didalam aquarium.

Leopoldi

Ikan pari termasuk ikan yang bisa besar, lebar sayapnya bisa mencapai ukuran diameter 60cm bahkan mungkin bisa lebih dari itu jika tempatnya cukup besar untuk pertumbuhannya. Mungkin anda akan langsung teringat sama salah satu tokoh yang pernah meninggal karena tertusuk jarum yang ada diekornya….
Apakah benar racun ikan ini bisa membunuh…..?????
Teman saya pernah terkena jarum pada ekor ikan ini. Tapi…. Hanya terjadi pembengkakan pada tangannya. Tapi langsung dibawa kedokter. Kalo yang terjadi pada bintang televisi itu (saya lupa namanya :mrgreen:) kabarnya jarum siikan ini langsung menusuk ke jantungnya, lalu karena panik ingin mencabutnya justru malah membuat sobekannya lebih lebar pada jantungnya alhasil dia tidak tertolong. Entahlah….!!!!

Back to topic……..

Pearl

Untuk harga ikan pari air tawar ini lumayan mahal brosis…. Berkisar antara ratusan ribu sampai puluhan juta tergantung ukuran dan jenisnya….. WOOOOOWWW 😯
Untuk jenis paling murah ada jenis potamotrygon motoro yang berkisar diantara 400-600ribuan untuk ukuran diameter 20cm… Yang lumayan mahal adalah jenis leopoldy yg berkisar diatas 10juta untuk ukuran diameter 20cm… (katanya sih, saya belum pernah jual yg jenis ini :mrgreen: )

Motoro

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang bisa membudidayakannya, seperti di kalimantan dan pekan baru. Mungkin di Jakarta juga ada atau tempat2 lain di Indonesia. Saya kurang informasi kalo tentang itu. Tapi semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan tambahan pengetahuan buat para pembaca yang mampir ke blog pinggiran ini.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Iklan

20 respons untuk ‘Ikan pari air tawar….. Keren juga nih…….!!!!!

      1. kl iwak pari setahuku nggak nyetrum kang,!!
        yg nyetrum itu iwak peyek, fbh sampai kalap ,kena setrum 😀
        aiik..aiiik..aiiik..aiik..aiiik.

  1. gan ,kl ada yg asin & tawar ,kl di oper habitat apa dpt bertahan hidup ya gan,.
    perbedaan secara anatomi apa ya gan !!
    yg ngebedain ikan tsb , sorry gan banyak nanya 🙂

  2. walah… Maalah baru tahu saya, warnanya lebih bagus dari yg laut ya Bro…
    Sing mati keneng buntute iku ijek dulurku Bro, jenenge pak lik Setep Erwin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s