Berapa lama pemakaian carbon aktif untuk aquarium…..????

Carbon aktif

Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya….???

Jika kita berbicara tentang media aquarium, pasti tak lepas dari hal yang satu ini.

Carbon aktif sangat berguna untuk menyerap amonia dan membantu menjernihkan air didalam aquarium anda. Terutama jika anda memelihara ikan jenis koki dan ikan koi… Media filter yang satu ini sangat berpengaruh supaya air aquarium tetap terjaga kadar amonianya supaya tidak berlebihan menimbulkan bau amis dan air menjadi berwarna agak keputihan.
Naaahhh…. Bagaimanapun juga media filter ini juga punya masa aktif yang tidak bisa digunakan selamanya. Biasanya hal yang sering kita lakukan adalah mencuci semua media filter jika sedang melakukan penggantian air, selain itu media filter yang sudah rusak harus segera kita ganti dengan yang baru agar dapat bekerja sempurna dalam menyaring kotoran-kotoran dalam air aquarium. Untuk carbon aktif dianjurkan dilakukan penggantian setiap 6 bulan pemakaian. Karena setelah lewat masa itu biasanya carbon aktif sudah tidak maksimal dalam menyerap racun-racun yang berbahaya dan amonia didalam air. Memang ada yang menyarankan untuk menggantinya setelah satu tahun atau 12 bulan, itu bisa saja apabila ikan yang anda pelihara tidak terlalu banyak jumlahnya. Dan pastinya itu tidak berlaku jika anda memelihara ikan koki dan ikan koi, karena lendir dari ikan jenis ini lebih banyak dari jenis ikan yang lain.

Untuk ikan arwana biasanya tidak menggunakan media filter jenis ini, karena dipercaya bisa merubah kandungan air yang berdampak pada warna ikan.
Jadi…. Sudah berapa lama kah carbon aktif yang anda pakai dirumah…..???

Sekian sekilas info, semoga berguna.

31 respons untuk ‘Berapa lama pemakaian carbon aktif untuk aquarium…..????

      1. oh gitu ya,trus hrgny kira-kira brp ya?sya di rmh mau bikin aquascape yg low cost aja pake ikan koki yg warna warni biar terlihat segar di mata. skedar info bang, aquariumnya ukuran panjang 1meter tnggi 50cm,bok filter udah ada sama yg buat sedot air+selang udh ada,trus sma alat yg bikin gelebung-gelembung udara jg udh ada, kira-kira di butuhkan apalagi yah bang untuk bikin aquascapenya?

  1. ok deh bang trims infony. ntr aquariumnya di bikin polos aja deh alnya sya suka ikan koki, koki banyak jenis dan ukurannya,itu yg sya liat di toko-toko ikan hias.

  2. mas kalo filter yang pake selang gtuh bagus ga buat ikan koki… yang filternya sedot buang air ke aquarium… makasih:D

  3. gan mau nanya filter box itu bisa apa gak kalo d pake di aquarium air laut? mksutnya itu bisa maksimal gak buat pembersihannya… maklum baru buat soalnya.. hehe

      1. saya pengennya smua pak sama coral2 nya, jadi filter yg harus saya gunakan yg bagaimana?

      2. kalo jumlahnya gak banyak gak masalah sih pak, cuman ini yang harus saya buat filternya yg gmn, kalo bisa kasih detailnya pak… mohon bantuannya…

  4. Gan, selain bisa menyerap amonia.. karbon aktif apa bisa untuk menyerap zat seperti kapur yg melekat pada permukaan air di kaca aquarium (kerak berwarna putih) ?
    kualitas air di rmh saya kurang bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s