Crankcase si Jupe Sexeh retak…??? Sudah Diselesaikan….!!!

image

Jupe Sexeh memang SEXEH…!!!

Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya….???

Kebetulan saja tadi ada salah satu teman yang mengingatkan tentang bagaimana nasib si Jupe Sexeh pasca insiden Crankcase yang retak pada lubang pembuangan oli, yang menyebabkan oli terus menetes tiada henti.

image

Ini penampakannya sebelum di operasi.

Setelah artikel tersebut saya posting, Alhamdulillah banyak masukan dari teman-teman blogger dan juga dari para komentator yang bersedia urun rembug tentang penyelesaiannya. Salah satunya yaitu kang Ari.

image

Dijawab lengkap oleh kang Ari

Masukan dari kang Ari sangat lengkap sekali. Lalu saya pikir-pikir untuk realisasinya. Ternyata untuk mengelas crankcase perlu dilakukan belah mesin, nah… ini yang bikin MUMET NDASE brosis. Biaya las sih gak seberapa, tapi biaya belah mesin yang MAHAL BANGET 😯
Selain itu si Jupe sexeh juga harus turun mesin sekalian. Aduuuuhhh…. Sayang sekali kalo harus turun mesin, karena mesinnya masih oke dan minim masalah. Tapi ada komentator lain yang ngasih jalan keluar lainnya. Salah satunya yaitu bro BADAK.

image

Dari komen bro Badak inilah akhirnya yang saya realisasilan ke si Jupe sexeh. Okeee…. Langsung kontak teman saya yang biasa ngobok-ngobok motor, setelah jam kerja habis, si Jupe sexeh pun mulai di operasi.

image

Si Jupe sexeh sedang di operasi

Sesuai apa yang disampaikan bro Badak, akhirnya oli didalam dikuras habis, lalu crankcase yang retak di bersihkan memakai bensin. Sebelum dibersihkan, footstep depan beserta standart sampingnya dicopot dulu, supaya terlihat semua bagian yang retaknya. Setelah bersih dan kering barulah mulai mencampur lem yang akan dipakai (gak tahu lem apaan). Warna lemnya hitam dan putih…

image

Setelah dibersihkan, baru di lem ulang.

Setelah proses pengeleman selesai, motor saya tinggal di Mess tempat kerja saya. Nginep di rumah orang deh. Besok paginya baru saya pasang kembali footstep depan beserta standart sampingnya. Ternyata gak mudah ya masang yg kaia begituan 🙄

Oli bekasnya saya tuang kembali. Dan setelah saya diamkan dari pagi hingga sore, oli sudah tidak ada yang menetes lagi. Baru keesokan harinya ganti oli baru. Sebenarnya itu oli juga masih baru sih, tapi karena sudah terbuka, takutnya kecampur debu (kata teman saya yang mengoperasi si jupe)

Dan, alhamdulillah sampai sekarang masih aman jaya dan lancar sentosa tanpa kendala oli menetes lagi. Tadinya sempat berfikir untuk ganti crankcase baru. Tapi sepertinya ribet ngurusin perubahan nomor mesinnya. Untung saja cara hemat nan ekonomis ini berhasil dengan baik.

“Terima kasih buat semua teman-teman dan pembaca yang sudah mau berbagi waktu dan pikiran untuk membantu mencari jalan keluar perihal masalah si Jupe sexeh

Dan bagi anda pembaca yang mungkin mengalami hal yang sama, bisa untuk mencontohnya.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Iklan

61 respons untuk ‘Crankcase si Jupe Sexeh retak…??? Sudah Diselesaikan….!!!

      1. nah mumpung udah sehat silakan rawat dengan baik, tunggangan saya juga gitu mas bro…. sampe umurnya yang sudah tidak muda lagi saat ini *bahasanyakaya yg udah tua banget hahahahahaha

  1. Hehehe nongol jg artikel finishingnya, :V
    Saat itu biar lebih melekat ke jalur retaknya.mestinya agak di perbesar jalur retaknya,agar lem nya lebih kuat nempelnya bro,dgn cara di grinda misalnya, contoh serupa kaya perbaikan jalan beton,dimana yg retaknya di perbesar dulu… Hehehhe nah mumpung sehat jual deh jupenya,ganti sing anyar buahahahhaha

  2. sip jos,
    tapi…. ada tapinya nich…kalau lubang tutup oli di lem seperti itu saya kurang yakin kalau bisa awet… sesuai pengalaman sich.
    betul…retakan bisa/bahkan crankcase bolong bisa ditambal dilem dex**n pasti sembuh tapi posisinya bukan dilubang buang oli yang nota bene selalu dibuka tutup saat ganti oli, karena pengaruh torsi yang besar saat menutup baut oli maka semakin lama retakan akan timbul lagi alhasil bocor lagi.
    kalau posisi yg ditambal bukan lubang oli misalkan di tengah2 crankcase akibat nyundul poldur atau lobang gedhe atau rel kereta pasti sembuh bahkan sampai bertahun2 mungkin juga seumur hidup.
    Tapi kalau buat solusi sementara sich…jos gandos.xixixixi isi dompet sangat berpengaruh.

  3. drpd pake epoxy item putih gitu nanti rembes lagi karena ga tahan sifat mengerut dan memuai di crankcase, mendingan pakai metal putty Fahrenheit bos.. dijamin awetna modal plg 50 ribu

  4. ganti crankcase gak perlu ganti nomor mesin, cukup pesan ke diler, inden pasti, asal surat” lengkap, tar dibuatin baru dengan nomer yang sama, tp crankcase yang lama harus d balikin ke pusat. hal yg sama buat ganti rangka

  5. vega saya mengalami masalah yang sama persis nih mas broo. pusingnya ampe tujuh keliling saya. makasih udeh ngasih info ini. saya pasti coba hal ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s