Kabut asap di Pekan Baru…!!! Adakah solusi yang tepat…???

image

Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya….???

Kemarin saya mendapatkan sebuah email dari kawan saya yang sudah seperti saudara saya sendiri (gak tau dia nganggepnya apa :mrgreen: )
Orang itu adalah OM PEYEK, Kalo masbro dan mbaksis suka baca blog motor khususnya warungnya mas iwanbanaran pasti tau siapa sosok orang tersebut :mrgreen:

Email tersebut berisi tentang cuaca di Pekan baru yang berkabut. Kabut tebal menyelimuti sepanjang jalan dan membuat jarak pandang pengguna jalan jadi berkurang. Adapun petikan emailnya adalah sebagai berikut…. Silahkab di simak dengan seksama….

” Assalamu alaikum WR, WB,
Met pagi om perboes,,,, 😀 semoga sehat – sehat selalu buat om perboes dan beserta keluarga,,

Ane hanya ingin sharing tentang kondisi yang
ada di Pekanbaru saat ini
om,,, tepatnya sebulan terakhir ini,, kondisi cuaca berkabut,, sangat
mengganggu jarak pandang saat berkendara,,( di bawah 1 Km) sangat mengganggu dalam beraktipitas di luar
ruangan terutama dalam berkendara (khususnya motor) dan di beberapa wilayah
pekanbaru, para adik2 atau anak2
kita yang masih duduk di bangku sekolah umumnya di liburkan untuk menghidari hal – hal yang tidak di inginkan seperti gangguan kesehatan (ISPA) dan gangguan Penglihatan (mata) dan di sini sudah beberapa kali

jadwal penerbangan pesawat di tunda dan ada juga pesaawat urung landing di bandara pekanbaru dan pada umumnya di
alihkan ke hang nadim, Batam.
kemaren pagi pas ane mau berangkat nguli,, udah siyap – siyap megang sijadul,, (pikson ane,, langsiran taon 2005,, eh,,,
2007 ding,,, 😆 pengen
ngerasa perbedaan setelah kemaren baru ane ganti oli dan ane kasih permen
NANO NANO ENERGIZER gara -gara baca
postingan di warung tentang ripiu si nano,, ) nyonya bilang,,, “ayah,,, pake terong ajalah,,, kabutnya tebel
banget,,,, ” dengan wajah cemas,,, (halah,, lakyo koyo sinengtron,,, :lol:)

Terus ane liat di luar,, memang pagi ini kabut
asap lebih tebal dari hari –
hari sebelumnya,,, ya sudah deh,, sebagai
seorang ayah yang baik,, ane
menuruti nasehat si bunda,, :),, si jadul nangkring maning ning garasi,,,
sabar ya dul,,,, giliranmu akan datang kok untuk di geber – geber,,, 😆
Walopun ada beberapa cara di tempuh untuk
mengurangi dampak kabut tersebut
dengan menggunakan masker, tapi sepertinya
percuma,,, karena kabut asap
tersebut sudah di kategorikan tebal,, dan saat ini pemda Riau sudah
mendeklarasikan sebagai kejadian luar biasa.

Para biker yang sadar akan ancaman bahaya
dari kabut asap tersebut mereka
memakai masker,, (helem tetep di pakai,,) walopun hanya mengurangi,, tidak
mencegah sama sekali,,
Ingat lho,,, kesehatan itu penting,,, ente – ente punya ducati,, punya
aprilia,, punya bla,,, bla,,, bla,,, kalo sakit atau penyakiten,,,, ???
kagak guna,,, 🙂 maka,, jagalah kesehatan kita,,,

karena kesehatan adalah
asset paling berharga,,,
Pas banget tadi di jalan nyalain radio RRI
pekanbaru,, ada acara tilpon –
tilponan antara pemirsah dan penyiarnya
tentang keluhan warga,,, ane
tergelitik ama komentar salah satu warga di radio tersebut begini
cuplikannya :

Pemirsah (bapak2) : “mbak,, (penyiarnya cewek) saya sudah muak dengan janji
– janji pemerintah tentang penyelesaian bencana kabut asap ini,,”
Penyiar : “kenapa pak,,?? Silahkan pak di sampaikan opini dan keluhannya”
Pemirsah : “kalo nggak bisa nyelesaian masalah ini,, mundur aja,,, kejadian ini kan berulang terus,,, masak nggak bisa di
cegah…?? Lagian kan bencana
ini bukan bencana alam, seperti gempa bumi, angin topan, dan putting beliung,,, ini bencana yang di timbulkan oleh manusia sendiri dengan di sengaja,,, sial nya angin bertiup kea rah
samudra hindia,, mudah – mudahan beberapa hari kedepan angin dari riau bertiup
ke singapura,, biar protes
tuh Negara singapura,, baru deh pemerintah kita ambil tindakan,, seperti yang sudah – sudah,, tapi kalo rakyatnya sendiri yang protes,,, kagak di dengerin,,,”
Penyiar : di jawab dengan bla,, bla,, bla,, (biasa,,, jawaban PHP,,, :lol:)
Kira2 begitu sih curhatnya si bapak,,, miris memang kalo melihat kondisi Negara kita om lagi – lagi rakyat kicil yang jadi korban dari kebijakan dan kelakuan petinggi – petinggi pemerintah kita.
Dari fakta nyang ada,, memang Negara kitamasih di bawah ketek Singapur,,, (melas tenan ya om,,, 😦  )
Kejadian kabut asap sebenarnya di pekanbaru kayak musim duren om,,,berulang dan berulang terus,,, gak tau deh,,, kapan bencana ini akan
berakhir,,, (mungkin kalo hutan atau lahan sawitnya udah abis di buakarr semuanya,,, )
Ini disebabkan Karena adanya orang – orang yang tidak bertanggung jawab
membuka lahan hutan dengan cara di bakar,, serta membakar lahan (sawit)
yang sudah tidak produktif dengan cara di bakar juga,,,

Walah,,, maap om,,, kedawan ki,, nulise,,, wis ndisik yo om,,,, mengko om perboes bosen moco ne,,, 🙂
Last,, berikut juga ane lampirkan foto – keadaan jam 07:40 pagi tadi saat menuju tempat ane nguli,, di beberapa ruas jalan protokol pekanbaru,,,

Biasanya kalo normal,, jam segitu udah terang benderang om,,,
Salam toet,, toet,, dari Biker Pekanbaru BP 6279 DM buat semuanya,,, 🙂

Wasalamu alaikum WR, WB”

image

image

image

image

image

image

image

Naahhh…. itulah isi dari email OM  PEYEK tentang kondisi di Pekan baru yang berkabut. Ternyata kabut tersebut disebabkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan melakukan pembakaran hutan demi kepentingan pribada dan mengorbankan kepentingan orang banyak. Lalu tindakan apa yang harus dilakukan untuk menghentikannya…???

Semoga pemerintah segera melakukan tindakan yang tegas bagi para pelakunya dan masalah tentang kabut asap tersebut segera teratasi. Om peyek sendiri yang minta saya untuk memuatnya di blog pinggiran saya ini.

Bagaimana pendapat anda tentang kondisi di Pekan baru yang berkabut ini…??? Apakah ada masukan untuk penyelesaiannya…???
Atau mungkin anda juga tinggal di Pekan baru…??? Boleh ditambahkan tentang kondisi di sana jika anda berkenan.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Tambahan foto: ini salah satu contoh perkebunan warga yang ikut terbakar, dan warga kewalahan untuk memadamkannya sendiri….

image

image

Posted by Ferboes Richardson

86 respons untuk ‘Kabut asap di Pekan Baru…!!! Adakah solusi yang tepat…???

      1. wkwk,,, si om perboes ini,, 🙂

        ane hanya bantu2 aja om,,, biar om perboes kagak confused maning,,,, 😀

    1. udah di tanggapin ama pemerintah om,,, tapi alasan dari pihak terkait,, tidak ada sumber air katanya,,, 😦 (kesulitan air)

  1. wogh…dijawa abu vulkanik di sumatra kebakaran jemb..t eh kbakaran hutan maksud e..

    coba om peyek tanya aja ke marwoto pasti solusinya mantap…

    kerahin semua pesawat AU buat ngeguyur dr langit

    1. wkwkw,,,
      kalo tanya ama marwoto,, nanti nyang punya warung bisa terkenang masa2 indah bersama beliau om,,, 😆

      tapi se tempe ane,,, kesawat ynag bisa ngeguyur air itu kesawat khusus om,,, ane yakin,,, AU kita kagak punya,,,

      taon kemaren aja kesawat seperti itu di datengkan dari rusia (bantuan rusia),,,

      karena udah mengganggu jalur penerbangan internasional,,, (singapur),,

      ber doa sahaja,,, semoga angin berhembus kesingapur,,, biar dateng bantuan dari negara lain,,,,

      1. emang ada ya masa” itu? tolong suruh buatin artikel nostagila om perbo ma marwoto dong
        buahaha

        itu sesawat kargo suruh angkut aer berjamaah aj…emang songong pemerintah udah tau kejadian kayak gini berulang” masih aja belum menyediakan sesawat kaya dr Rusia itu..

        kirim asap e lewat JNE pa TIKI aja om ke singapur

        aminnn biar pada mencak” ke pemerintah kita

        btw marwoto punya aji”an sembur angin lewat sela” giginya d tanya ma om perboes yg pernah digigit tapi silir

      1. kon paksa nginep ning kos2 sane marwoto wae,, 😆

        patang ndino patang mbengi,,, pasti kuapook,,, 😆

      2. om perboes : nek perlu dikeplaki ndase bareng bareng om.
        pak lek peyek : nginep ng kose marwoto sg untune ompong ya ?

  2. Musim kemarau, lahan mudah terbakar.

    bukan cuma hutan, perkebunan warga juga banyak yg terbakar, bahkan udah merambah ke pemukiman warga, klo gak salah di pelangiran banyak rumah yg ikut terbakar.

    kebun2 warga banyak yg terbakar. Hanya bisa pasrah menunggu hujan tiba dan entah kapan.

      1. Saya tembilahan, masih RIAU.

        lumayan jauh dari pekanbaru.

        musim kemarau memang rawan kebakaran, buang pntng rokok sembarangan aja akibatnya fatal.

        klo hutan sih biasa nya memang sengaja dibakar sama perusahaan2 perkebunan, cara cepat membuka lahan.

        Kambing hitam nya ya tetap warga yg d salahkan 😀

      2. tambahan :

        dari curhatan tetangga ane,, ada beberapa warga yang berusaha memadamkan api di perkebunannya sendiri,,, malah di tangkep ama tim buru sergap pembakar lahan (dari satuan polda riau, di bentuk khusus,, pakaiannya mirip brimob),,,

        melas tenan,,,, 😦

        walopun si pemilik lahan tidak bersalah,,, tapi ente2 pada atau sendiri kan,,, kalo udah masuk/di tangkep ama tim buru sergap dan di proses di pulisi,,, ujug2 nya kayak gimana,,,, 😦

    1. itu dia om, perusahaan perkebunan yg membakar lahan puluhan bahkan ratusan hektar seperti didiamkan, sedangkan warga yg hanya membakar lahan 10meter bahkan yg kebunya gak sengaja kebakar bisa d tangkep,

      foto diatas di kelurahan kempas jaya, kab. Inhil

  3. wkwkw,,,
    tambah polos si om perboes ini,,, 😆

    warga nyang ketauaan itu nyang di kebunnya sendiri,, artinya,,, bukan bener2 di hutan 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s