Ikan Koki Wakin: Nenek moyang ikan koki…!!!

image

Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya…..????

Beberapa waktu lalu atau mungkin sudah berbulan-bulan lamanya, pernah ada yang menanyakan tentang asal usul ikan koki. Kebetulan kemarin ada masuk ikan baru, namanya “Wakin”

image

Pertama kali lihat ikan ini, saya berfikir “kok seperti ikan komet ya…!!!”
Lalu saya bertanya sama yang bawa  ikannya perihal tentang ikan wakin ini. Dan menurut dia, inilah nenek moyang ikan koki yang lucu dan menggemaskan itu. 😯

image

Setelah itu saya mencoba mencari info di Diary mbah Google tentang ikan ini. Dan saya menemukan sedikit info (di sini) tetang ikan koki wakin ini.

image

Ikan komet

Sepintas memang mirip sekali sama ikan komet, akan tetapi memang berbeda. Bentuk badannya sama persis, warnanya juga sama, tapi…. buntutnya berbeda. Coba perhatikan…..

image

Buntut ikan komet panjang sebaris

image

Buntut ikan wakin dua baris seperti buntut ikan koki pada umumnya

Ternyata perbedaan fisik ada di bagian ekornya. Jadi apabila brosis melihat ikan ini dan harganya jauh lebih mahal dari ikan komet… jangan heran ya…. karena ikan koki wakin ini masih import looohhh….

image

Untuk pemeliharaannya sama seperti ikan mas koki maupun ikan koi. Makanannya juga sama. Ukuran maksimal sekitar 20-25 cm saja. Tidak seperti ikan koi yan bisa mencapai lebih dari 90 cm bahkan satu meter.

image

Ikan ini lebih cocok di pelihara dikolam dari pada di aquarium. Apalagi kalau kolamnya seperti ini.
Pas banget  deh……!!!!

image

image

image

Bagaimana menurut masbro dan mbaksis tentang ikan ini…..???
Monggo opininya di kolom komentar.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Posted by Ferboes Richardson

54 respons untuk ‘Ikan Koki Wakin: Nenek moyang ikan koki…!!!

  1. kalo kolamnya buat sendiri dari semen gitu bukan di aquariumm kira kira cocok gak mas dap? waktu kecil kayaknya saya sering buat..dan pake ganggang gitu..

      1. nah itu..saya kan di desa banyak pelihara ini mas dap..buat kolamnya gampang.tinggal keduk tanah, di kasih semen trus di buatin trowongan pake batu di semen..trus kasih ganggang gitu..wes rumah jadi adem..n ikan nya juga awet kayaknya..gak cepet mati..

      2. tiap 2 mggu kyknya mas…wong kolamnya sendiri bnyak lumutnya..apalagi ikanya kayaknya udah terbiasa dengan kondisi gt..hehe..sama adk2 abis dpt ikan di sungai, asal masukin situ aja..hehe..tp enak sih rumah jadi adem..wl kolamnya di samping rumah..nempel gitu

      1. Kalo lihat fotonya sih kaia jenis lele yg biasa kita makan. Yang bosa gede itu lele (catfish) amazon. Seperti redtail catfish, leopard catfish, mekong catfish, dan banyak deh jenis2 giant catfish lainnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s