Thunder 250: Seumur-umur baru kali ini ketemu langsung…..!!!

image

Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???

Sejak pertama motor ini di launching sampai akhirnya di discontinue, baru kemarin tanggal 27 maret 2014 saya ketemu langsung sama motor ini. Suzuki Thunder 250 (kalo gak salah sih itu namanya) ini benar-benar nampak seperti sodara kembar dengan adiknya Thunder 125.
Benar-benar mirip banget deh, tapi terlihat lebih bongsor.

image

Setelah saya perhatikan, ternyata motor ini dua silinder ya….???

image

Hedlamp bulat, shock masih double, rem belakang masih tromol, speedo masih full analog, lampu sein masih bulat gede, bahkan tutup tangkinya aja masih njendull… :mrgreen:
Ini motor keluaran tahun berapa sih…..????

image

image

image

image

image

image

image

image

Bagaimana menurut anda……????

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Posted by Ferboes Richardson

71 respons untuk ‘Thunder 250: Seumur-umur baru kali ini ketemu langsung…..!!!

  1. kelemahan thunder 250, tidak dilengkapi indikator bensin di speedo meter, dan tidak dilengkapi indikator gear position pada speedometer kayak thunder 125.
    tidak semua dealer suzuki jual onderdil thunder 250, hanya beberapa saja yg jual. makanya susah onderdilnya…
    thunder 250 dijual terlalu mahal oleh suzuki, dijual di indonesia 1999-2005 seharga 22.500.000, jauh lebih mahal dari tiger & scorpio waktu itu dulu. dulu tiger & pio paling mahal 17-18 juta.
    karena design touring lingkar diamter roda depan 18″ dan belakang 17″ emang asli kayak gitu.
    suaranya kayak scorpio gitu, malah cenderung lebih halus dari scorpio.
    dari 1999-2005 tidak ada perubahan berarti, hanya ganti warna & stripping, dan tahun 2003-2005 dirakit di indonesia, sebelumnya import utuh dari jepang.
    motor ini memang awalnya dibuat untuk menyaingi tiger dan scorpio, tetapi karena bea masuk pajak import yg mahal, dan teknologi suzuki indonesia belum mampu untuk membuat part motor ini, sehingga terpaksa motor ini harus import dari jepang langsung tanpa dibuat di thailand, china, atau india.
    makanya mahal waktu itu.

    kesalahan motor ini dijual bukan pada waktu yg tepat, yaitu setelah indonesia lepas dari krisis, jadi motor ini gak terlalu laku.
    berdasarkan data AISI motor ini hanya laku 750 unit/tahun. bandingkan dg tiger yg 1000 unit / bulan, scorpio? gak tau sih…
    karena motor ini gak laku, maka dihentikan penjualannya dan mesinnya diganti 125cc mulai 2004 dikenalkan versi thunder 125 yg import dari china.

    padahal mesinnya tangguh, power 20hp, torsi melimpah ruah…
    nafas panjang, cocok buat pecinta tanjakan dan touring.
    top speed dari temen2 pengguna thunder 250 berkisar antara 145-155 km/h dalam kondisi mesin standart.
    durabilitas tinggi, bahkan jauh lebih kuat dan awet dari mesin tiger dan scorpio. ya karena langsung buatan jepang murni.

    teknologi mesin SOHC 4-klep, 2-inlet dan 2-outlet, dalam 1 noken as, sama kayak teknologi vixion dan jupiter MX. tapi yg ini saluran buang sengaja dibikin 2.
    teknologi mesin TSCC (twin swirl combustion chamber) hanya suzuki yg punya, karena dalam mesin 1 silinder menghasilkan efek pembakaran kembar kayak motor gede. jadi mesin cc kecil power dan torsi kayak moge, teknologi ini biasa diterapkan pada moge2 suzuki jaman dulu. sekarang udah enggak kayaknya.
    tapi sayangnya mesinnya cuma 5-speed saja, dan begitu masuk gigi 5, top speed tidak bertambah, melainkan hanya sebagai penghalus suara mesin saja.
    karakter mesin touring banget…

    sekarang thunder 250 digantikan dg Inazuma 250.
    Inazuma dalam bahasa jepang berarti petir, sedangkan thunder dalam bahasa inggris bearti petir juga.

  2. kalau lihat knalpotnya, ini tutup babetnya dibuka, suaranya jadi agak lebih besar (kalau tutup babet knalpot terpasang nyaris spt suara Yamaha Scorpio).
    ini sbnrnya di STNK tulisannya GS250X.
    top speed dengan velg depan asli ukuran 18inch cuma 120km/jam (kalau velg depan diganti 17inch MUNGKIN benar bisa 155km/jam, tapi gak tau krn punya ane velg masih asli 18inch).
    onderdil gak susah asal tahu persamaannya, Misalkan kampas rem belakang pakai punya yamaha RX-King original (malah lebih pakem daripada kampas rem belakang GS250X ori-nya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s