RIP: Arapaima gigas…..!!!

image

Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya….???

Sekedar mengenang cerita lalu yang sudah cukup lama…
Sejak tahun 2007 di kolam besar yang ada di tempat saya bekerja mulai memelihara ikan besar yaitu ikan arapaima gigas. Arapaima gigas adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia.

image

Kolam berukuran sekitar 3 x 3,5 x 1,3 meter ini dulu dipakai untuk memelihara ikan koi. Setelah toko di bagi menjadi dua, khusus ikan koi & ikan laut, sedangkan toko yang besar untuk jualan ikan campur-campur seperti ikan koki, arwana, ikan predator dan sebagainya, kolam ini kemudian di huni oleh 13 ekor arwana super red ukuran 40 cm keatas. Selain untuk pajangan tentu saja ikannya juga di jual.

image

Setelah ikan arwana terjual semua, baru setelah itu mulai memelihara ikan raksasa ini. Gak cuma 1 ekor saja, boss saya ingin memelihara 2 ekor ikan arapaima sekaligus. Mulai dari ukuran 20 cm setiap hari saya kasih makan ikan mas supaya pertumbuhannya maksimal, belum sampai umur 1 tahun, ikan ini sudah memiliki panjang hampir 1 meter. Setelah ikan ini besar porsi makanannya pun mulai dikurangi. Makanannya pun cuma di kasih ikan yang mati saja. Kalo gak ada yang mati ya gak makan :mrgreen:
Semakin bertambah besar, ikan ini pun terlihat semakin menyeramkan.

Hingga suatu hari terjadi insiden yang sangat menghebohkan semua orang…..!!!!

Pagi hari saat buka toko, suasana terasa hening gak seperti biasanya. Karena gemercik air terjun kolam cukup membuat suasana riuh. Langsung cek ke kolam daannn…….  ternyata kolam sudah kering tanpa air, semua ikan yang ada di dalamnya tergeletak di dasar kolam. Dua ekor ikan raksasa itupun juga tergeletak bahkan sampai sisiknya kering menempel pada keramik dasar kolam tersebut….

image

Segera melakukan pertolongan dengan menyemprotkan air ke ikan yang terlihat masih bergerak. Diantara semua ikan yang tergeletak, dua ekor arapaima masih terlihat pergerakan insangnya. Tapi sayang seribu sayang…. satu diantara dua ikan tersebut tidak terselamatkan. 😥
Penyebab keringnya kolam adalah patahnya pipa backwash kolam yang diduga di hantam oleh ikan raksasa tersebut. Jelas saja airnya habis tanpa sisa. Anehnya, boss saya yang tinggal dilantai tiga dan lantai empat tak satu pun yang mendengar suara amukan dari ikan-ikan yang ada di kolam saat airnya menyusut. (Sudah ketetapannya kali ya…)

image

Selain ikan arapaima, banyak ikan lain yang juga ikut mati karena kehabisan air diantaranya yaitu ikan arwana red banjar, pino, silver, irian, lali ada beberapa ikan catfish besar seperti redtail catfish, leopard catfish, tiger catfish, peruno catfish, patin albino, snake head thailand, gurame padang, dan beberapa ikan sapu-sapu. Mungkin kalo di rupiahin cukup untuk meminang si “er limolas” :mrgreen:
Nasi sudah menjadi bubur, ikan-ikan itu pun sudah mati. Setelah itu dilakukan pembenahan pada sistem di dalam kolam, termasuk instalasi filter dan backwash supaya tidak terjadi kejadian serupa. Semua pipa di dalam kolam di cor pake semen dan pipa backwash diganti dengan model drat dengan sambungan bawah 30 cm.

image

Dengan kejadian seperti ini semoga bisa menjadi pertimbangan anda sebelum  membuat kolam di rumah. Apa lagi jika anda berniat memelihara ikan besar seperti ini. Jangan membuat kolam asal-asalan yang bisa berakibat fatal di kemudian hari. Buatlah rancangan yang benar-benar matang karena ikan besar seperti ini memiliki tenaga yang cukup besar pula.

image

Lalu…. apa yang dilakukan pada ikan yang mati…..????
Semua ikan yang mati di bagi-bagikan ke karyawan dan warga sekitar yang mau memasaknya termasuk daging arapaima tersebut. Tapi….. sedikitpun saya tidak mencicipinya karena dari kecil hingga besar semua ikan di dalam kolam tersebut saya sendiri yang memeliharanya. Rasanya gak tega aja sama peliharaan sendiri walaupun sebenarnya bukan milik saya sendiri.  Dan satu ekor arapaima yang masih tertolong, sampai sekarang masih hidup dan masih menghuni kolam besar tersebut. Saya beri dia nama LUCKY.

image

Kurelakan kematianmu…. 😥

Bagaimana dengan masbro dan mbaksis, apakah pernah mengalami hal serupa….??? Kolam/aquarium bocor dan semua ikan peliharaan anda mati karenanya…???
Atau mungkin binatang peliharaan kesayangan anda yang lain…???

Monggo…. yang mau bercerita juga….!!!

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Posted by Ferboes Richardson

Iklan

46 respons untuk ‘RIP: Arapaima gigas…..!!!

      1. Wah gitu ya mas, thx jawabannya.. Rencana mau beli yg kecil, ditaroh aquarium dulu.. Kalo udh gedean dikit mau ane taroh kolam koi hahahaha.. Ikan ini agresif banget ngga mas? Kalo misalnya nguras kolam gimana tuh?? Hehe

      2. Ohiya masbro, saya baru beli RTC 18cm-an ada 3 ekor dan leopard catfish 2 ekor, ada rencana mau peliara arapaima 30cm dicampur jd satu tempat, kira2 aman ga yah? Ngerih berantem hehehe

      3. Catfishnya ga nyerang arapaima jg kan ya masbro? Maap banyak tanya hehehe, takutnya malah si arapaimanya yg dihajar hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s