Apa bedanya ikan Sapu-sapu dengan ikan Pleco…???

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Ada sebuah pertanyaan dari salah satu komentator di blog newbie yang saya kelola ini. Pertanyaannya adalah sebagai berikut…
“Apa bedanya ikan sapu-sapu dengan ikan pleco?”

Sebenarnya antara ikan sapu-sapu dengan ikan pleco itu  sama saja. Ikan sapu-sapu adalah sebutan kita (orang indonesia) sedangkan pleco adalah nama asingnya. Ditambahkan oleh salah satu komentator juga bahwa ikan sapu-sapu lokal yang biasa ditemukan di sungai-sungai itu adalah jenis Hypostomus Plecostomus aka Giant Pleco = Common Lorricariidae (terima kasih bro sof)
Ikan pleco sendiri memiliki ratusan jenis yang tersebar di seluruh dunia. Tentu saja setiap daerah/negara pasti berbeda-beda dalam menyebut nama ikan ini.

image

Ikan Pleco adalah salah satu jenis ikan hias eksotis yang banyak diminati karena memiliki banyak motif dan warna yang variatif (pernah saya bahas sedikit disini)
Dari sekian banyak jenis ikan pleco (termasuk ikan sapu-sapu biasa) tentu memiliki sifat yang berbeda juga. Ada yang aktif, ada juga yang pasif. Ukuran maksimal dari macam-macam ikan pleco juga berbeda-beda.

Ikan-ikan pleco memiliki kode-kode masing-masing, terkadang ikan yang sama bisa memiliki kode yang berbeda karena tempat/daerah penemuannya. Cmiiw
Pengkodean ikan pleco untuk memudahkan kita dalam membedakan antara jenis satu dengan jenis yang lain. Susah kalo harus menghafal namanya satu persatu, apa lagi penamaan ikan ini terkadang berbeda-beda. Apalagi nama latinnya euuyy…. mumetndase.com jika harus menghafalnya :mrgreen:

image

Pics  by google

Tentang Harga ikan Pleco yang cenderung jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan sapu-sapu lokal adalah dikarenakan ikan ini masih termasuk barang import dari luar negeri. Meskipun ada beberapa breeder lokal yang sudah berhasil membudidayakannya (ikan pleco) tetap saja harganya masih stabil karena jumlah anakan yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Makanya ada sebagian jenis ikan pleco harganya gak turun-turun dari waktu ke waktu 😆

image

Makanan ikan Pleco biasanya berupa cacing beku dan sinking pellet. Selain itu ada juga yang makan sayur-sayuran seperti timun dan sawi putih. Ikan pleco tidak terlalu aktif dalam membersihkan kaca aquarium, berbeda dengan ikan sapu-sapu biasa. Ikan pleco hias biasanya cenderung lebih gemar menempel di kayu bakau atau bebatua yang berlumut dari pada harus menjadi “cleaning service” di aquarium. Untuk fungsionalitas, sapu-sapu biasa jagonya di bidang ini 😆

image

Ikan pleco lebih bersahabat dengan ikan-ikan yang lain, mereka (ikan pleco) tidak suka menempel pada badan ikan dan menghisap lendirnya. Sedangkan ikan sapu-sapu biasa cenderung lebih agresif kepada ikan lain terutama ikan yang lamban dan berlendir seperti ikan koki dan ikan koi. Bisa abis dah disedotin sama ikan sapu-sapu.

Jika anda hendak membeli/memelihara ikan pleco, usahakan anda tidak mencampur antara jenis ikan pleco jenis kecil dan besar. Karena dikhawatirkan ikan yang lebih besar bisa mengganggu ikan yang lebih kecil.

image

Ikan pleco memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya, diantaranya adalah warna dan corak yang beragam. Sedangkan ikan sapu-sapu diminati karena funsionalitasnya dalam membersihkan lumut di aquarium maupun kolam ikan. Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa membantu anda dalam memahami perbedaan antara ikan sapu-sapu dan ikan pleco.

“Jika ada yang kurang mohon ditambahkan, jika ada yang salah tolong dibenarkan”

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Bonus:

image
Ikan Leporinos

😆

Lapak Ferboes disini

Written by: Ferboes Richardson

38 respons untuk ‘Apa bedanya ikan Sapu-sapu dengan ikan Pleco…???

  1. saya dirumah punya ikan sapu-sapu lumayan gede (diameter kira-kira 8 cm, panjang 30 cm) dapat di sawah, sampai sekarang ditaruh dibak karet ga pernah dikasih makan tapi baknya penuh lumut :mrgreen: wah komennya sepi pasti gara-gara saya usul bonusnya gambar ikan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  2. Kenapa ya ikan sapu_sapu yang telah saya pelihara 6-7 bulan sudah bertambah besar, tapi saya heran ketika saya campur dengan ikan emas maupun mujair malahan ikan sapu_sapu ini membunuh dan memakannya ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s