TREATMENT: Mengobati luka pada ikan Pleco…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Sebagai penghobby ikan hias, tentu saja ada semacam ikatan batin antara kita dengan ikan peliharaan kita. Apalagi bila ikan yang kita pelihara termasuk kategory ikan yang harganya diatas rata-rata (mahal). Tentu saka kita akan sangat memperharikan kesehatan ikan-ikan peliharaan kita.

Jika ikannya terserang penyakit, tentu kita juga pusing karenanya. Nah, kali ini saya ingin berbagi Tips untuk mengobati luka-luka pada ikan. Kali ini saya ambil contoh ikan Pleco. Karena ikan pleco termasuk salah satu jenis ikan yang harganya diatas rata-rata (baca: mahal) :mrgreen:

image

Ini adalah Pleco L.007 Galaxy (vampire pleco) pertama kali datang ikan ini mulus tanpa cacat seperti foto diatas. Setelah saya gabung bersama ikan pleco yang lain, sebut saja L.114 dan LDA.63 ternyata si 007 diatas dianiaya oleh si 114.

image

Pleco L.114 Leopardus

image

LDA.63 Royal Pleco (panaque)

Sehari setelahnya saya baru sadar kalo ternyata si 007 sudah terluka cukup parah karena di bully oleh si 114 yang notabene adalah penghuni lama di aquarium.

Info Tambahan: Pleco L.114 ini termasuk jenis ikan pleco yang Teritorial. Ikan ini akan merasa terganggu jika ada ikan lain yang mengusik tempat tongkrongannya. Meskipun harus bertarung untuk mempertahankan wilayahnya tersebut.

Kebetulan si 007 ini bandel juga, bukannya pindah tempat malah mepet-mepet si 114 terus, akhirnya dihajar deh sama si 114 dan badannya luka-luka cukup parah.
Pics di bawah ini…..!!!

image

Tuh kan…. ampe luka parah begitu.
Jika ikan anda mengalami hal yang serupa, Jangan Panik…!!!
Ikutilah langkah-langkah sebagai berikut:

Pindahkan ikan yang sakit ke tempat lain
Untuk pengobatan, pertama-tama anda harus memindahkan ikan yang sakit ke tempat lain. Usahakan sendiri, jangan dicampur dengan ikan yang lain.

Berikan obat untuk proses Penyembuhan
Setelah dipisahkan, berikan obat pada untuk menyembuhkan lukanya.
Obat yang disarankan: • Pomate

image

• El-Baju

image

Pilih salah satu diantara kedua obat diatas. Lebih di sarankan untuk memakai Pomate supaya pengobatan lebih cepat dan maksimal. Beri sesuai dosis (5 gram untuk 500 liter air) dan tambahkan garam ikan secukupnya.
Catatan: Untuk pengobatan, 1 sendok makan garam ikan untuk 15 liter air. Untuk perawatan, 1 sendok makan garam ikan untuk 30 liter air.
Atau silahkan baca disini untuk jenis obat yang lainnya.

Lakukan Penggantian Air
Selama pengobatan, hendak nya kita melakukan penggantian air setiap 2-3 hari sekali sebanyak 50% dari volume air. Setelah itu tambahkan kembali obat tersebut setengah dosis saja.
Catatan: Ketika melakukan pengobatan, cukup memakai media filter busa atau serabut saja. Jangan memakai arang/carbon aktif, batu ziolite dan semacamnya.

Berdoa…!!!
Jika anda sudah melakukan ketiga hal diatas, jangan lupa untuk berdoa sesuai kepercayaan masing-masing supaya ikan tersayang lekas sembuh.

Lama pengobatan: Biasanya, dalam waktu 1 minggu, ikan sudah terlihat pulih dan sehat.

image

Setelah 1 minggu pengobatan, si 007 sudah pulih seperti semula.

Itulah sedikit Tips mengobati luka pada ikan Pleco. Tips diatas jyga bisa di terapkan kepada semua jenis ikan yang mengalami hal yang serupa. Semoga ikan anda selalu diberi kesehatan dan di jauhkan dari penyakit. Tentunya saya, anda dan mereka juga. 🙂

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Bonus: Mana yang lebih menakutkan…???

image

Lapak Ferboes Disini

Written by Ferboes Richardson
email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @FerboesR

31 respons untuk ‘TREATMENT: Mengobati luka pada ikan Pleco…!!!

  1. Ikan pleco mirip ikan sapu-sapu, apa emang masih satu spesies?
    Bonusnya kurang horor buat saya, masih bujangan soalnya, wkwkwkwk 😀

  2. Rata2 pleco yg jantan emang teritorial, gold-spot aye dah assasinin 5 ekor pleco ampe bolong2 badannya, tapi sama ikan lain atau sama selir2nya ngak galak 😀 😀 wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s