Blind Cave Tetra………… Si buta dari goa hantu………!!!!!!!!

Blind cave

Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya….????
Apakah anda pernah nonton film yang berjudul “si buta dari goa hantu”…….???? Yang jagoannya ga bisa melihat tapi tetep sakti mandraguna :mrgreen:
Itu film jaman saya kecil dulu. Tapi sekarang saya ga ingin membahas tentang film itu, tapi ini tentang ikan yang ga memiliki mata alias buta. Wowww………..!!!! 😯

Blind cave tetra……. Begitulah nama keren ikan ini…. Jika disini biasa disebut ikan buta. Menurut sejarah dari buku bekas yang saya baca diantara buku-buku tentang ikan hias lainnya, ikan ini sebenarnya duluuuuu……. Memiliki sepasang mata, tapi karena habitat ikan ini di perairan didalam goa yang dingin dan minim cahaya…. Lama kelamaan mata ikan ini semakin lama semakin tak nampak karena selaput menutupi sepasang mata mereka. Lah kok bisaaa……??? Entahlah, Menurut buku bekas itu sih seperti itu :mrgreen:

Blind cave

Ikan ini memang ga terlalu terkenal seperti ikan-ikan kecil lainnya, mungkin karena kurang menarik atau gimana saya juga kurang tahu. Menurut saya pribadi sih unique, ga tahu kalo menurut pemirsah……
Ikan ini memiliki warna merah jambu aka pink disekujur tubuhnya. Walaupun ikan ini ga bisa melihat, tapi ikan ini memiliki indra perasa yang sangat tajam. Bisa merasakan keberadaan makhluk hidup disekitarnya dan bisa membedakan mana kawan dan mana mangsanya. Mungkin seperti kelelawar yg bisa terbang dimalam hari, walaupun ga bisa melihat, tapi mereka (kelelawar) memiliki semacam signal yg saling menghubungkan satu sama lain sehingga ga terjadi tabrakan. Mungkin ikan ini juga memiliki signal semacam itu.

Blind cave

Ikan ini bisa makan cacing beku dan pellet. Bisa dicampur dengan ikan lain yg seukuran dan tentunya jangan dicampur dengan ikan yang agresive dan teritorial. Ikan ini juga termasuk ikan yang aktif, berenang kesana kemari dan selalu mencari makanan. Jadi ga’ akan sepi deh aquariumnya karena ikan ini ga bisa diem…. :mrgreen:
Mungkin aga’ susah untuk menemukan ikan ini ditoko-toko ikan hias, karena memang ga banyak pembudidaya ikan hias yang membudidayakannya. Bagaimana menurut brosis sekalian….??? Apakah ikan ini layak untuk dipelihara dirumah anda menemani hari-hari anda dirumah…..???

Yups, ga banyak yang bisa saya sampaikan tentang ikan “blind cave tetra” ini, tapi semoga saja sedikit tulisan dari saya ini bisa berguna untuk anda dan menambah pengetahuan anda tentang serba-serbi ikan hias khususnya ikan hias air tawar.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

52 respons untuk ‘Blind Cave Tetra………… Si buta dari goa hantu………!!!!!!!!

  1. Blind cave tetra……. Begitulah nama keren ikan ini….
    Jika disini biasa disebut ikan buta. Menurut sejarah
    dari buku bekas yang saya baca diantara buku-buku
    tentang ikan hias lainnya, ikan ini sebenarnya
    duluuuuu……. Memiliki sepasang mata, tapi karena
    habitat ikan ini di perairan didalam goa yang dingin
    dan minim cahaya…. Lama kelamaan mata ikan ini
    semakin lama semakin tak nampak karena selaput
    menutupi sepasang mata mereka. Lah kok bisaaa……???
    Entahlah, Menurut buku bekas itu sih seperti itu
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    Ane krang spendapat dgn buku itu,knp? biasanYa justru ikan2 yg hidup d kdalaman yg mnim chaya matanya malah lbih bsar…tjuanya biar pnerimaan chayanya lbih bnyak jd ikan ttap bsa mlihat d kgelapan

    1. bagi ikan yg masih mungkin menerima cahay walau kecil sih iya (misal dari hewan lain yg bercahaya) , mata nya besar biar sensitif… Tapi kalo di gua kan sama sekali ngga ada cahaya atau ‘0’ cahaya…

    1. Bro…!!! Dari pertama baca Blog trus baca komen Ente, aku belum pernah liat ente kalap, kalo bikin kalap iya… Apa rahasia nya Bro… Kepo nih… Hehe…

      1. bro genbus…msak sih ane bkin kalap,,?heeheee…

        sya komen cuma mngeluarkn uneg2 aja kok bro…kalap gk da gunanya…malah d ketawain n d kerjain trus tiap hari kek marwoto..haahaahaaa…

  2. _bro rc7…
    Gelap dan dingin lho bro, itu bisa saja, karena, biasanya ikan akan terserang katarak jika keadaan suhu menurun, dan selaput pada mata akan semakin tebal jika tidak segera diobati. Mungkin gejalanya seperti itu. Atau memang speciesnya ikan ini ga ada mata, juga ga tau. Tapi seperti itulah yg ditulis buku itu. Coba ntar tak tanyain mbah google.

    1. spertinya mmang spesies ini dr dlu gk ada matanya…
      sya trmasuk orang yg gk mmpercayai teori evolusi ala darwin…mngkin pnulis buku itu pnganut teori darwin

      makhuk hdup tk prnah brevolusi…monyet tdk akn prnah jd manusia
      klo bermetamorfosis mmang iya…sprti cebong jd kodok ato ulat mnjdi kupu2…
      buaya dr jaman purba bntuknya sma kyk buaya yg prnah kta lihat(klo buaya darat mmang bru ada d jman skarang)

      kspulan saya adalah..ikan ini dr sononya mmang sdah tk pnya mata

      cba kunjungi harunyahya.com

      1. Begitulah…. Banyak orang pinter jadi buat kita bingung. Tapi…. Ya kembali ke pribadi masing2. Kalo saya anggap saja itu seperti dongeng aja bro. Tapi memang dunia banyak misteri. Semua rahasia illahi. Ok, thanks sharingnya bro. Tak mampir dulu ke link yg masbro berikan. Tolong jagain bentar warungnya :mrgreen:

      2. d surabaya ada stasiun tv lokal yg mnayangkan sanggahan trhadap teori darwin…tntu sja d sertai bukti2 kongkrit kmudian d cocokkan dgn ayat2 d alquran,sangat masuk akal skali
        dr stulah mata sya trbuka

        oke tk jogone..mengko nek ono iwak mabok tk setrume sisan..xiixiixiiii…

      3. saya suka tulisan cebong jadi kodok, tapi fbh berharap cebong bermetamorfosis jadi pangeran wkwkwkwkwk, untuk fbh silahkan cium cb150nya mungkin bisa berubah jadi rcvnya markues,wkwkwkwkwkwk

  3. waduh.. hebat tuh ikan, gimana caranya dia nyari pasangan .? kan ga bisa liat mana cewe n cowo..
    hix..hix..

  4. itu ikan bener2 kurang cahaya, bodinya ampe tembus pandang gitu, kalo misal hidup di aquarium yang kaya cahaya bisa kena penyakit tuh kayaknya, gak ada anti bodi yang menahan radiasi cahaya

      1. itu kan katanya ikan kelamaan di dlm goa jadi nya buta,,
        kalo dipiara di rumah kelamaan kena sinar,,
        muncul lagi ga tuh mata ya? :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s