Ikan Hias yang Paling Mudah Beranak di dalam Aquarium.

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang ada di pasaran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari yang harganya murah meriah sampai yang mahalnya gak karuan. Diantara jenis-jenis ikan hias tersebut ada beberapa diantaranya paling mudah beranak di dalam aqiarium bahkan tanpa perawatan khusus. Kali ini saya akan kasih ulasannya untuk masbro dan mbaksis.

Beberapa jenis ikan hias yang paling mudah beranak (berkembang biak) di dalam aquarium adalah sebagai berikut:

1. Ikan platis

image

Platis santa Claus

Ikan Platis termasuk salah satu jenis ikan yang tidak memerlukan pemeliharaan khusus untuk bisa mengembang biakkannya. Aquarium yang cukup dan beberapa pasang ikan jantan dan betina sudah cukup untuk membuat ikan ini berkembang biak dengan sendirinya di dalam aquarium.
Catatan: Jenis ikan Platis bermata merah, lebih sulit di kembang biakan daripada ikan platis yang memiliki mata berwarna hitam.

2. Ikan Molly

image

Ikan Molly juga termasuk salag satu ikan yang mudah dikembang biakkan di dalam aquarium, bahkan tanpa perawatan khusus sama halnya dengan ikan Platis. Bentuk badan ikan ini hampir mirip seperti ikan platis, hanya saja ekorny sedikit berbeda dan badannya cenderung lebih pendek dibandingkan dengan ikan platis.

3. Ikan Molly Balloon

image

Ikan Molly balloon adalah sejenis ikan molly yang memiliki bentuk badan yang lebih bulat dan terkesan gendut pada bagian perutnya. Ikan jenis ini juga sangat mudah berkembang biak di dalam aquarium tanpa perhatian lebih dan cara yang sulit. Sepasang ikan Molly Balloon bisa menghasilkan puluhan anak ikan saat usia dewasa. Biasanya seukuran jari kelingking atau memiliki panjang sekitar 2,5-3 cm.

4. Ikan Guppy

image

Ikan guppy adalah ikan terkecil diantara ikan-ikan yang saya sebutkan diatas. Jenis paling sering kita jumpai adalah jenis ikan Guppy yang hidup di Got/selokan. Biasanya disebut dengan ikan Cere. Bedanya: ikan Guppy hias memiliki warna yang cerah dan beragam serta ekor yang lebih lebar dan menarik.
Ikan guppy jantan memiliki ekor yang besar dan lebar serta warna yang menarik dan cerah, sedangkan ikan guppy betina memiliki warna pucat dan ekor yang kecil serta perut yang terkesan gendut dan membulat.

Untuk membedakan ikan jantan dan betina dan yang waria pada ikan-ikan diatas, anda bisa membaca artikel yang ada di sini.

Perbandinga ikan jantan dan betina untuk pengembang biakkan adalah:
1 ekor ikan jantan untuk 3-4 ekor ikan betina. Jika terlalu banyak ikan jantannya nanti bisa saling serang dan membunuh satu sama lain :mrgreen:Selamat mencoba” 🙂

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR

Faceb00k: Ferboes Richardson

48 respons untuk ‘Ikan Hias yang Paling Mudah Beranak di dalam Aquarium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s