Alat Transportasi di Kampung…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Di negara kita ini banyak sekali alat-alat transportasi yang ada. Mulai dari transportasi udara, darat, hingga transportasi laut. Sekarang kita bahas mengenai alat transportasi darat khususnya yang ada di kampung halaman saya yang mungkin saja sama seperti yang ada di kampung halaman masbro dan mbaksis. Seperti yang sudah pernah saya tulis pada artikel sebelumnya bahwa medan atau kondisi jalanan dikampung saya itu berbatu terjal dab berdebu. Tentu saja gak ada mobil supersport ceper yang melintas di kampung saya :mrgreen:

image

Jika di jakarta ada busway dan metromini serta angkot, dikampung saya juga ada, hanya saja tidak sebesar bus transjakarta 😀 Kurang lebih mirip-mirip metromini gitu deh yang melintas di jalan raya kampung. Sedangkan untuk alat transportasi bagi para penduduk yang ada di desa bagian dalam, ada alat transportasi yang lain dari yang lain, misalnya sebagai berikut…

Dokar atau Andong

image

Jalanan berbatu terjal tentu saja sulit untuk di lewati sebuah bus untuk mengangkut penumpang. Dan bagi para penduduk yang ingin pergi kepasar namun tidak memiliki kedaraan seperti sepeda maupun sepeda motor, biasanya dokar atau andong ini menjadi salah satu pilihan sebagai alat transportasi umum untuk mengantar mereka ke pasar. Untuk biaya naik dokar ini berkisar antara Rp.3.000 sampai Rp.5.000 rupiah perorang.

Motor bak roda tiga (bingung sebutannya apa nih)

image

Selain dokar atau andong, ada juga motor yang memiliki bak beroda tiga yang dijadikan sebagai alat transportasi di kampung saya. Biasanya kendaraan seperti ini dijadikan alat untuk mengangkut barang dagangam kalau di jakarta, seperti misalnya tabung gas elpigi, galon air mineral, sembako, atau barang-barang dagangan lainnya. Tapi dikampung saya, kendaraan ini menjadi transportasi umum untuk mengangkut penduduk ke pasar. Untuk biaya naik kendaraan ini, saya kurang tahu. Gak sempat bertanya-tanya sama penduduk desa. 😆
Kreatifitas tanpa batas, yang penting bisa untuk mencari rejeki halal. 😀

Mobil pick up

image

Selain kedua alat transportasi diatas, ada juga mobil pick up untuk membawa hewan-hewan ternak yang akan di perjual belikan di pasar. Selain untuk membawa binatang ternak, mobil pick up seperti ini juga digunakan untuk mengangkut penduduk desa dengan tambahan terpal diatasnya supaya terhindar dari sengatan sinat matahari yang terik dan panas. Kalo di jakarta atau kota-kota besar, pasti sudah kena tilang nih :mrgreen:

Truk besar

image

Sebagian besar penduduk di kampung saya adalah petani dan pengrajin kayu. Untuk mengangkut hasil kerajinan kayu seperti mebel dan sebagainya, biasanya truk besar seperti diatas menjadi pilihannya. Selain itu truk besar juga digunakan untuk mengangkut kayu-kayu batangan yang sudah digergaji maupun yang masih berbentuk gelondongan. Biaya untuk sewa truk seperti ini saya kurang tahu pasti. Mungkin bawah ane tahu :mrgreen:

Kira-kira seperti itulah alat-alat transportasi yang digunakan oleh penduduk di kampung saya untuk betaktivitas dari rumah ke pasar dan untuk membawa barang-barang dagangan yang akan mereka perjual belikan. Kondisi jalanan yang kurang memadai dan bisa dikatakan cukup terjal untuk jalanan yang dilewati sehari-hari.
Apakah di kampung masbro dan mbaksis ada juga alat transportasi seperti dikampung saya…???

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson

17 respons untuk ‘Alat Transportasi di Kampung…!!!

  1. antara tahun 2000 s/d 2005 saya bekerja di negeri atas awan tepatnya di dusun kerug munggang desa majaksingi di bawah suroloyo DIY yang berada di puncak pegunungan menoreh…transportasi kala itu membawa orang kepasar masih menggunakan truk besar bang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s