JENIS-JENIS IKAN RAINBOW

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Setelah sebelumnya saya bahas sedikit tentang Asal dan Penyebaran ikan rainbow, kali ini saya akan bahas sedikit tentang jenis-jenis ikan Rainbow. Namun tidak semua jenis ikan rainbow yang tersebar ke seluruh dunia. Karena, menurut Allen (1991) melaporkan sedikitnya terdapat 53 spesies ikan rainbow yang tersebar di kawasan Papua, Australia, dan Sulawesi. Spesies ikan tersebut merupakan ikan endemik (hanya terdapat) di kawasan tersebut.

Sistematika
Ikan rainbow sendiri tergolong famili Melanotaeniidae yang terdiri dari enam genus, yaitu Chilatherina, Glossolepis, Iriantherina, Melanotaenia, Cairnsichthys, dan Rhadinocentrus yang meruakan endemik di Papua, Australia, dan Sulawesi.

Jenis-jenis ikan rainbow yang banyak di Pasaran
Pembahasan ini saya batasi pada beberapa jenis yang beredar di pasaran dan di kalangan para pecinta ikan hias. Jenis-jenis tersebut memiliki daya tarik yang tunggi dan sudah bisa dibudidayakan.

Rainbow Bosmani

image

Rainbow bosmani (Boesemans rainbow fish) bernama ilmiah Melanotaenia boesemani. Bentuk tubuhnya pipih (compressed) dan sirip punggungnya ganda. Tubuhnya berwarna biru agak sedikit gelap dibagian depan dan bagian tengah ke belakang berwarna kekuningan. Sisi tutup insang (operkulum) ikan jantan terdapat pita horisontal berwarna gelap yang semakin memudar kearah belakang. Sedangkan bada ikan betina sebaliknya, pita horisontal pada sisi tutup insang kurang gelap, akan tetapi semakin gelap kearah belakang. Sirip punggung dan sirip anal berwarna jingga dan menawan dibatasi warna gelap pada tepinya dan sirip ekor berwarna kuning. Panjang maksimal ikan rainbow bosmani sekitar 9cm ukuran jantan dewasa, dan 7cm ukuran betina dewasa (diukur dari ujung mulut sampai sirip ekor).

image

Rainbow Lacustris

image

Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro) juga dikenal dengan nama Lake Kutubu Rainbow fish. Bentuk tubuhnya pipih dengan sirip punggung ganda. Sirip punggung kedua lebih panjang dari sirip pertama. Warna tubuhnya terbagi dua, bagian atas berwarna kehijauan atau biru dan bagian bawah berwarna keputihan. Panjang badan ikan dewasa mencapai 10 cm baik jantan maupun betina (diukur dari ujung mulut sampai ujung kaki ekor). Para pelanggan ditempat saya bekerja biasa menyebutnya sebagai “Rainbow Biru”

image

Rainbow Makuloci

image

Rainbow Makuloci (Melanoteania Macculochi Ogilby) di pasar internasional dikenal dengan nama Maccolloch’s rainbow fish. Bentuk tubuhnya pipih agak memanjang. Ikan ini memiliki sirip punggung ganda dengan sirip kedua lebih besar daripada sirip pertama. Sirip punggung dan sirip anal berwarna dasar kehijauan dan merah kecoklatan yabg dibatasi warna kekuningan pada tepinya. Sirip ekor berwarna merah cerah, tubuhnya berwarna dasar silver dengan warna gelap metalik. Bagian punggung kecoklatan dan perut agak keputihan. Ditubuhnya terdapat garis-garis memanjabg horisontal berwarna kehitaman. Panjang maksimal ikan rainbow makuloci ini sekitar 6cm (diukur dari ujung mulut sampai ujung ekor).

image

Rainbow Praecox

image

Nama dagang Rainbow praecox (Melanotaenia praecox weber & de Beaufort) adalah Dwarf neon Rainbow fish. Tubuhnya pipih dan sirip punggung ganda. Seluruh tubuhnya berwarna biru metalik, sedangkan sirip-siripnya berwarna merah. sirip anal ikan jantan berwarna merah darah, sedangkan ikan betina sirip analnya berwarna merah jingga. Warna akan tampak lebih menakjubkan ketika ikan akan memijah. Tubuh ikan jantan tampak lebih tinggi daripada ikan betina, sehingga ikan betina tampak lebih ramping dan langsing. Ukuran maksimal ikan rainbow praecox dewasa relatif pendek, berkisar antara 4 sampai 5 cm dari ujung mulut hingga ujung ekornya.

image

Rainbow Merah

image

Di daerah asalnya (Papua, danau sentani) rainbow merah (Glossolepis incisus weber) ini sering disebut kaskado yang artinya penyakit jamur yang berwarna keputihan. Ikan yang memiliki nama beken Red Rainbow fish ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bersirip punggung ganda. Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 12 cm untuk ikan jantan dewasa, sedangkan ikan betina dewasa sekitar 10 cm (diukur dari ujung mulut hingga ujung ekor). Tubuh ikan jantan berwarna terang (merah bata) sedangkan ikan betin berwarna lebih pucat. Terdapat warna keperakkan di kedua sisi bagian tengah tubuhnya. Penampilan ikan rainbow merah akan tampak lebih indah saat menjelang masa pemijahan.

image

Ikan Rainbow Ballon

image

Ikan rainbow ballon adalah jenis ikan rainbow yang memiliki bentuk badan lebih pendek dan terkesan membulat. Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa macam tergantung warnanya. Misalnya Red rainbow ballon, Rainbow Lacustris ballon dan Rainbow Bosmani ballon
Sebagai contoh yang ada ditempat saya bekerja adalah Rainbow bosmani ballon.

image

Itulah beberapa jenis ikan rainbow yang ada dipasaran khususnya di Indonesia. Masih banyak jenis-jenis ikan rainbow yang mungkin jauh lebih cantik dan indah warnanya, sayangnya tidak semua jenis ikan rainbow di perjual belikan di Indonesia. Bagi anda yang ingin memelihara ikan hias air tawar dengan berbagai macam warna, jenis ikan ini sepertinya bisa menjadi pilihan anda.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Baca juga yang berikut ini guys…




Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

Iklan

22 respons untuk ‘JENIS-JENIS IKAN RAINBOW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s