Penggantian Disc Brake JupiterZ (jupe sexeh)

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Salah satu piranti motor yang sangat penting adalah sektor pengereman. Jika bagian ini (rem) tidak bekerja maksimal, bisa dipastikan bahwa bahaya saat berkendara telah mengintai. Bahkan pembalap profesional pun gak akan berani memacu motorny jika bagian pengereman tidak berfungsi. :mrgreen: Kali ini saya ulas sedikit tentang Penggantian Disc brake atau biasa disebut dengan Cakram. Motor saya si jupe sexeh sudah dilengkapi dengan rem cakram dibagian depan, sedangkan untuk rem belakang masih menggunakan rem sandal rem tromol. Selama pemakaian 5 tahun ini, saya perhatikan piringan cakram si jupe sexeh sudah mulai terkikis agak dalam dan tidak rata. Konon katanya nih…. kalo piringan cakram tidak rata, efeknya kampas rem menjadi cepat habis. Benarkah…??? Mungkin bagi pembaca yang lebih paham bisa menambahkan…!!!

image

Setelah saya menabung sedikit demi sedikit, akhirnya saya bisa membelikan Disc brake baru untuk si Jupe sexeh. Alasan saya mengganti dengan yang baru adalah, karena piringan cakramnya sudah terkikis cukup dalam dan bekas gigitan kampasnya tidak rata atau bergelombang. Sebabnya dulu sewaktu kampas rem sudah habis, saya tidak segera menggantinya. Alhasil piringan cakram terkikis oleh besi kampas rem yang sudah menipis. Jadi bagi masbro dan mbaksis, segera ganti kampas rem anda jika sudah mulai menipis, jangan sampai piringan cakram anda terkikis oleh besi kampas rem seperti punya saya :mrgreen:

image

Penggantian saya lakukan dibengkel langganan milik teman saya. Biasanya jika ada apa-apa dengan si jupe, saya selalu membawanya kesini. Atau misalnya mau pesan sesuatu buat si jupe juga saya minta bantuan teman saya ini untuk mencarikannya. Selain tanpa antrian panjang, harganya juga lebih murah daripada jika melakukan penggantian di Bengkel resmi (beres) dan yang lebih penting lagi adalah disini bisa NGUTANG dulu. :mrgreen:

image

image

Selain melakukan penggantian disc brake, saya juga sekalian mengganti kampas rem depan dan belakang. Karena akhir-akhir ini bagian rem belakang terasa sudah berkurang daya cengkramnya alias kurang pakem. Semua pekerjaan dilakukan oleh karyawan bengkel teman saya brosis, sambil menunggu, saya ngobrol-ngobrol tentang motor sama teman saya hingga pekerjaan yang dilakukan selesai. Gak butuh waktu lama bagi si mas montir untuk melakukannya. Sekitar 1 jam berlalu si jupe sudah siap di geber lagi denga  cakram baru dan kampas depan dan belakang juga baru. Untuk perincian biayanya sebagai berikut:
• Disc brake (piringan cakram) Rp.100.000
• Baut cakram Rp.2.000 x 4 = 8.000
• Kampas rem depan Rp.30.000
• Kampas rem belakang Rp.45.000

image

image

image

image

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson

24 respons untuk ‘Penggantian Disc Brake JupiterZ (jupe sexeh)

  1. bengkel dimana bro? ane tertarik dg poin BISA NGUTANG DULU. serius ini.
    btw, itu parts orisinal YGP apa bukan bro. soale ane baru ganti kampas depan z1 kena 55 ribu di beng-mi

  2. Ane kena sial nih gan, ganti disk cakram.. Bautnya patah satu, kira kira aman gak ya.. Kalo ane pake terus tanpa bubut baut yg patah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s