Ikan Arwana Mati Saat Dijual…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Entah apa yang bisa saya jelaskan tentang hal ini, saya sendiri bingung dan sedih karena kejadian ini terjadi tiba-tiba dan mendadak. Si Cepot adalah salah satu ikan arwana Super red yang saya pelihara ditempat saya bekerja, meskipun bukan ikan saya sendiri. Nama si Cepot saya berikan karena mulutnya cakil (bibir bagian bawah lebih panjang dari bagian bibir atas).

image

Beberapa bulan memeliharanya, si cepot sehat dan selalu aktif didalam aquarium dan tak pernah terserang penyakit. Hingga akhirnya kemarin hari rabu 29 oktober 2014, ada seseorang yang mau membelinya dengan harga yang pas.

Akhirnya sore sekitar jam 15:30, si cepot hendak ditangkap oleh karyawan toko yang sudah senior dan paham bener tentang bagaimana cara menangkap ikan arwana didalam aquarium.
Lampu aquarium si cepot dimatikan, kemudian kantong plastik besar disiapkan dan dimasukkan kedalam aquarium dan diisi air. Perlahan-lahan si cepot digiring masuk kedalam kantong dan sesekali dibelai agar mau nurut masuk kekantong. Proses penangkapan tidak terlalu sulit karena si cepot sendiru tidak melakukan perlawanan berarti. Si cepot berhasil masuk ke kantong, lalu kantong ditutup ujungnya. Sicepot tetap tenang didalam kantong tanpa pemberontakan. Kantong yang berisi si cepot  perlahan diangkat keluar dari aquarium dan kemudian diisi oksigen. Setelah itu kantong diikat dibagian ujungnya dan siap dibawa oleh pembeli.

TAPI TIBA-TIBA……… didalam kantong tersebut si cepot menunjukkan reaksi yang tidak wajar. Tubuhnya terlentang dengan bagian perut menghadap keatas, saya pun menjadi panik, lalu saya memutuskan untuk mengembalikan si cepot kedalam aquarium….. setelah si cepot kembali dilepas kedalam aquarium, dia kembali berenang sebentar lalu terlentang lagi. Saya semakin panik dan kebingungan, semua karyawan yang ikut dalam proses penangkapan si cepot menjadi panik. Apa yang terjadi…..???
Gerakan si cepot semakin  pelan dan pelan, hingga akhirnya dia terlentang tak berdaya dan sesekali masih terlihat gerakan insangnya yang membukan dan menutup.

Sekitar pukul 21:45, akhirnya si cepot dikuburkan oleh boss saya sendiri karena sudah tak bernyawa.

Kenapa ikan yang awalnya sehat dan aktif bisa tiba-tiba mati saat hendak dijual …???

Menurut para suhu ikan arwana yang tergabung di group Club Arwana Indonesia di facebook, ada 2 kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.
Pertama…..
Ikan tidak dipuasakan terlebih dahulu sebelum akhirnya ditangkap (karena tiap pagi selalu diberikan makan kepada setiap ikan arwana yang ada ditoko)
Kedua….
Masalah pada air yang ada didalam aquarium yang sudah lama (terakhir ganti air 2 minggu yang lalu) kemudian saat dikantong tercampur dengan O2 (oksigen).

image

Ada juga yang bilang ‘mungkin ikannya gak mau dijual atau gak mau berpisah sama tuannya‘…!!!
Entahlah, yang pasti ikan arwana memang bukan ikan sembarangan. Banyak mitos tentang ikan ini. Semoga bisa menjadi pembelajaran buat para hobbiea ikan arwana yang lain saat hendak menjual ikan kesayangannya.

Proses penangkapan si cepot

image

image

image
Sicepot sudah masuk kekantong plastik
image
Si cepot terbalik didalam kantong plastik

image

image
Sicepot mendapat perawatan
image
Sicepot terkapar tak berdaya didalam aquarium
image
Si cepot semasa hidupnya, sehat, dan aktif

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
My Blog’s: http://ferboes.com
http://saiisoku.wordpress.com

30 respons untuk ‘Ikan Arwana Mati Saat Dijual…!!!

    1. kalo menurut kepercayaan ya emang gt,,
      ngomong2in ikan mo dijual2 tapi misal nya ga jadi atw apa terus mati,,
      dirumah jg pernah piara ikan bawal uda gede banget,,
      jarang piara ikan sampe gede banget soalnya aquarium nya aja kecil,,
      tapi ini ikan lebih gede dr telapak tangan,,
      terus ada sodara masih kecil dateng kerumah,,
      dia minta ke papa nya suru bawa ikan nya,,
      saya kasihin itu ambil aja,, tp ga mungkin dia bawa,,
      gaa lama mati ikan nya.. -_-

      1. Kalo setau ane sih biasanya paling cepet sehari setelah ikan pindah habitat, mungkin karena kaget trus gak bisa adaptasi
        Tapi kalo kejadian ini cepet banget ya, baru masuk kantong udah kolaps gitu

  1. foto2nya lengkap kang, dari proses pengambilan di aquarium. Awalnya emang mo bikin artikel terjualnya si cepot ya?
    swim in peace, cepot.. tabah ya buat yang punya.. 10jt jee…

  2. Ikan punya kaka saya juga begitu, padahal pindah kandang langsung mati tepar, pas taun baru matinya, kira2 kalo mati masih bisa dijual gk ya? Ya buat pajangan aja gitu di bekukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s