Mutasi Warna Pada Ikan Koki…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis,  apa kabar semuanya…???

Mutasi adalah suatu perubahan  yang terjadi pada “sesuatu” entah itu perubahan bentuk maupun perubahan warna. :mrgreen: Dalam hal ini saya bahas (lagi-lagi) tentang ikan mas koki. Dalam ikan hias, mutasi sering dikaitkan dengan perubahan warna. Begitu juga dengan ikan koki yang dapat bermutasi warnanya. Misalnya warna hitam bisa berubah menjadi kuning, merah putih, ataupun hitam putih. Salah satu contoh adalah ikan koki jenis oranda Coffee (kirin) berikut ini….

image
Warna awal...
image
Mutasi...
image
Mutasi akhir...

Ikan milik bro Feri Kusuma yang di share di wall facebook ini walnya berwarna hitam kekuningan dibagian perut. Warna tersebut biasa disebut Coffee atau bisa juga disebut dengan kirin (lihat gambar pertama). Namun dalam pertumbuhannya, oranda kirin miliknya mengalami perubahan warna (lihat gambar kedua). Hingga akhirnya dalam jangka waktu 4 bulan pemeliharaan dirumahnya, oranda kirin tersebut berubah menjadi warna orange dengan corak-corak hitam (lihat gambar ketiga).

Hal apa saja yang mempengaruhi perubahan warna tersebut…???
Ada beberapa hal yang berpengaruh dalam mutasi warna ikan seperti ini.
• Faktor Genetik
Faktor keturunan dari indukan yang menghasilkan ikan tersebut. Mungkin awalnya ikan tersebut memang bukan dari indukan yang berwarna hitam, atau bisa juga indukannya jenis Calico (panca warna) CMIIW
• Faktor Air
Faktor air juga berpengaruh. Terkadang lain-lain wilayah kandungan yang ada didalam air berbeda-beda. Misalnya kandungan zat besi (Fe), Calsium (Cu), Magnesium (Mg), dan lain sebagainya.
• Faktor Makanan
Faktor makanan yang diberikan sehari-hari juga berpengaruh dalam perubahan warna pada ikan. Makanan yang mengandung spirulina atau astaxantine yang cukup tinggi akan membuat warna ikan semakin kemerahan.
• Faktor Lain-lain
Faktor lain-lain ini sangat banyak, meliputi cara pemeliharaannya, sinar matahari, vitamin air (jika perlu) dan lain sebagainya.

Hal ini wajar saja mengingat ikan koki sendiri adalah ikan hasil rekayasa genetik yang dihasilkan dari kawin silang antara beberapa ikan koki yang akhirnya menghasilkan jenis-jenis yang bervariasi seperti yang ada saat ini.
Baca Juga: Silsilah Ikan Koki

“Tulisan diatas hanya pendapat seorang newbie seperti saya. Jika ada yang kurang tolong ditambahkan, jika ada yang salah mohon dibenarkan”

Apakah masbro dan mbaksis pernah mengalami hal serupa pada ikan peliharaan dirumah…???
Monggo share dan komennya…

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

10 respons untuk ‘Mutasi Warna Pada Ikan Koki…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s