Review Handphone Xiaomi Redmi 1s Vs Samsung Galaxy Ace

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Setelah hampir 1 tahun lebih Samsung galaxy Ace jadul menemani saya dalam kegiatan blogging, akhirnya tahun 2015 saya bisa mendapatkan ganti handphone baru untuk melanjutkan kegiatan blogging yang saya jalani. Pilihan saya jatuh kepada Xiaomi Redmi 1s. Kenapa saya memilih Xiaomi redmi 1s…??? Karena setelah mencari-cari referensi kesana kemari, tanggapannya sangat positif terhadap handphone ini. Dan setelah membelinya…. Saya pun akhirnya bisa menyimpulkan bagaimana rasanya memakai handphone china ini. Puaskah memakai xiaomi redmi 1s…??? Tidak terlalu puas brosis… Berikut ini perbandingan dengan handphone lama saya yaitu Samsung galaxy ace generasi perta.

Handphone yang saya beli seharga Rp.1.650.000 di ITC Cempaka Mas beberapa waktu lalu ini memiliki tampilan yang lumayan wow. Meskipun sebenarnya hati ini masih terpikat dengan Asus Zenfone 5 pada awalnya. Dibekali layar lebar 4,7″ yang dibilang cukup jernih, namun kerapatan pixel gambarnya memang tidak sebagus sang galaxy ace jadul saya. Tampilan menu bawaan tidaklah menarik (gambar paling atas) ikon-ikon menunya sangat terlihat “handphone china banget” namun jangan khawatir, anda bisa mendownload beragam tema di play store maupun aplikasi tema bawaan dari handphone. Namun saat mendaftar masuk sangat susah sekali. Saya jadi malas untuk melanjutkannya :mrgreen:

Dengan layar lebar, kegiatan blogging jadi lebih enak, karena saat menulis jadi terasa lebih lega. Berbeda saat memakai samsung galaxy ace yang terasa sangat mungil (setelah memakai xiaomi) jempol terasa kegedean dan sering kali typo saat menulis. Lebih tepatnya mengetik kata-kata.

Browsing lebih cepat
Dengan menggunakan kartu Im3 dari indosat, browsing menggunakan xiaomi redmi terbilang lebih cepat daripada galaxy ace jadul saya. Kemudian dengan dukungan RAM 1GB memang terasa sekali, biasanya galaxy ace saya akan menyerah (baca: error) jika mendapatkan notifikasi dari whatsapp lebih dari 100pesan :mrgreen: bahkan sehari bisa error 3x seperti minum obat 👿
Namun menggunakan xiaomi redmi 1s, kendala seperti itu tidak pernah saya alami.
Sayangnya untuk tampilang wordpress, entah kenapa pada “notification” selalu kosong meskipun sudah di refresh berulang-ulang. Alhasil saya tidak bisa dengan mudah membalas komentar brosis satu persatu.

image

Kelebihan lainnya adalah bonus-bonus gambar bawaan handphone xiaomi sangat banyak sekali, mulai gambar pemandangan, hewan-hewan lucu, hingga…. Ehhmm… Gambar-gambar dewasa juga ada lho :mrgreen: dan bonus-bonus gambar tersebut tidak ada di samsung galaxy ace jadul saya :mrgreen: (musti download sendiri)

Lalu apa lagi ya…….
Oh ya, perbedaan yang paling terasa dari kekurangan xiaomi redmi 1s ini adalah di sektor kamera. Meskipun sudah dijejali dengan kamera 8megapixel + led flash, bisa dibilang hasil kamera xiaomi ini masih kalah dengan kamera 5megapixel milik galaxy ace jadul saya. Kerapatan pixelnya saat di zoom sangat terasa kurang. Selain itu ukuran megapixel pada kamera xiaomi tidak bisa disetting alias sudah default. Jadi kita tidak bisa mengecilkan ukuran fotonya. Misalnya menjadi 5mp, 3mp, maupun 1mp. Sedangkan option ini ada di galaxy ace saya seperti option 5mp, 3mp, 1mp, maupun VGA. Jadi kita harus mengedit manual hasil foto kita jika ingin mengecilkan ukuran fotonya. Biasanya saya memakai aplikasi Picsay untuk melakukannya.

Respon kamera sangat jelek
Saat mengambil gambar, beberapa kali saya dipersulit dengan lambatnya respon kamera dari xiaomi. Seperti “mengadat-ngadat” dan terputus-putus. Jadi saat memotret objek bergerak seperti “ikan hias” contohnya, harus ekstra bersabar brosis. Gak tahu deh bagaimana dengan xiaomi yang lain. Hal tersebut saya alami setelah beberapa kali mencoba mengambil gambar melalui kamera xiaomi ini 😦
Meskipun begitu, hasil foto terlihat terang menggunakan kamera xiaomi meskipun minim cahaya dan tanpa flash.

Hasil video Memuaskan
Untuk hasil video, kamera xiaomi ini sangat memuaskan dibandingkan dengan kamera galaxy ace jadul saya. Meskipun cahaya minim, kamera xiaomi masih bisa menangkap gambar dengan baik dan tanpa ‘terputus-putus’ dan nampak terang. Kamera galaxy ace terlihat gelap saat cahaya minim pada saat merekam video.

Kelebihan lainnya dari Xiaomi Redmi 1s
Kelebihan lainnya dari xiaomi redmi 1s adalah internal memory yang besar yaitu 6GB dan RAM 1GB. Sedangkan galaxy ace hanya sekitar 250mb-an saja 😦
Hal ini tentu saja berpengaruh dalam menginstal aplikasi yang ingin kita unduh.
Kesimpulannya, hanphone dengan harga dibawah 2 jutaan ini sudah cukup mumpuni untuk menemani kegiatan blogging saya. Untuk menghemat paketan data, saya buang aplikasi yang “selalu running” supaya paketan data awet dan gak sering-sering isi pulsa :mrgreen:

Untuk review lainnya, nanti akan saya tambahkan lagi di lain waktu 😀

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson.
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

75 respons untuk ‘Review Handphone Xiaomi Redmi 1s Vs Samsung Galaxy Ace

    1. Zenfone 5 ada yg ram 1 dan 2, internalnya juga ada 8gb dan 16gb. Cpunya jga ada yg z2560 dualcore 1,6hghz atau z2580 dualcore 2ghz. Makanya harganya beda-beda mas.

  1. ane pernah pake redmi mtk. Semua baik-baik saja, sampai akirnya ambil mi3! pake xiaomi mi3,,enak,awetbatre, cuma kameranya klo nangkep objek bergerak emang payah, hp nya juga gak boleh gerak dikit pas ambil gambar, fitur HDR jos pol!! Pengen galaxy J blm kesampean 😦

  2. kemaren jua bingung ambil xiaomi atau zenfone 5,tp karena udah nyobain MIUI 5 launcher yang inferface nya berat bingits ya udah…Akhirnya Ambil zenfone deh… dapat harga 2 jt aja di pameran hape

  3. Kerapatan pixel layar R1s kalah sama galaxy ace? Nggak salah om?
    R1s 312 ppi vs SG ace 165 ppi loh.

    Ikon menu china banget? Itu justru menjiplak ikon menu iphone loh om.

    Resolusi kamera nggak bisa diturunin? Belum nemu settingnya kali…
    Bisa kok dijadiin 6mp atau 5mp langsung di pengaturan kamera.

    Atau jangan jangan R1s nya fake product ???

    1. Iya masbro, saat gambar di zoom agak ngeblur. Kalo icon menunya IMHO masbro :mrgreen:
      Menurut hasil testing antutu bencmark, hasilnya bagus… Tembus 20.6** an masbro 🙂

      1. Kalo seting megapixel kamera udah ketemu belum om?
        Sampai dibold gitu tulisan nggak bisa diturunin megapixelnya 😀

      2. Di pengaturan dong om, pencet menu camera (strip 3), pilih camera setting (simbol gear), dari situ udah kelihatan, pencet di picture size ada pilihan 8mp, 6mp, 5mp.

  4. punya om ferboes kayaknya bukan yg resmi masuk indo deh kayaknya,
    internal nya bukannya 8gb ?
    kalo kamera menang jauh ama ace, ace 3 malah punya saudara, sama zen6 aja msh menang di warna nya lbh kaya.

    minusnya cuma gk bisa pindah aplikasi ke sd card aja ni hp, sma kalo rom pertama pas beli gampang panas sama gk bsa simpen foto di sd card, cuma udah dbetulin smua di versi barunya ama xiomay.
    overall bagus,
    awas xiaomi banyak fake product nya juga. coba sambangin thread khusus 1s dlu aja om di k*skus.

    1. Sepertinya yg 2gb kepake ama sistem 🙂
      Ini masih utak atik terus biar makin tahu kekurangan dan kelebihan lainnya. Terima kasih masukannya masbro 🙂

  5. lah kok masuk playstore daftar lagi??
    kn tinggal pake akun lama yg di GxAce-nya aja

    buat kamera sih menang di besaran pixelnya aja alias menang kunatitas dibanding kualitas

    dari semua hape yang penah ane pake (kelas bawah) blum ada yg isa nandingin K810i jadul
    cukup 3.2MP + Xenon Flash
    tapi sekali ambil foto rata” filenya ukuran diatas 1MB
    sayangnya Xenon flash nguras batere

    eh sekarang ada smartphone yg pake flash xenon gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s