Botia India: Botia Lochata

image

Ferboes.com – Hi guys…!!!
Salah satu jenis ikan hias air tawar yang suka berenang di dasar aquarium adalah jenis ikan botia. Ikan botia ini ada beberapa jenis, salah satunya adalah botia india atau nama lainnya adalah botia Lochata.

Ikan botia ini memiliki bentuk badan yang panjang dan agak pipih. Tubuhnya berwarna belang-belang putih keabu-abuan dan hitam. Pada bagian mulutnya terdapat kumis-kumis halus yang berfungsi sebagai “radar” untuk mencari makanan. Selain itu, ikan botia india sama seperti ikan botia jenis lainnya dimana memiliki “senjata rahasia” di bawah matanya yang berbentuk duri yang tajam dan runcing. Duri tersebut berguna untuk melindungi dirinya dari para pemangsa di alam liar. Hati-hati guys… Duri ini cukup menyakitnya jika tubuh kita terkena senjata rahasia sang ikan botia tersebut. Cenat-cenut rasanya seperti tersengat lebah/tawon.

image

Ikan botia india termasuk ikan yang friendly dan bisa digabungkan dengan jenis ikan lainnya. Dengan catatan, ikan yang hendak di campur harus berukuran sama besar atau lebih besar dari ikan botia ini. Jangan mencampurnya dengan ikan-ikan kecil seperti guppy, neon tetra, red nose, dan semacamnya. Ikan botia lebih aktif berenang di dasar aquarium daripada di permukaan air. Selain itu ikan botia juga termasuk ikan yang pemalu dan penakut.

Ada baiknya anda mempersiapkan tempat persembunyian beruba bebatuan mapun kayu-kayuan didalam aquarium anda jika anda hendak memelihar ikan ini. Karena jika tidak ada tempat persembunyian, biasanya ikan ini lebih suka menyelipkan dirinya di sudut-sudut aquarium. Jadi terlihat sangat tidak bagus.

image

Makanan ikan botia india ini tidak terlalu susah guys… Ikan botia bisa memakan cacing maupun pellet. Selain itu, ikan botia juga rajin membersihkan sisa-sisa makanan ikan lain yang berada di dasar aquarium. Untuk pertumbuhan maksimalnya, sejauh pengetahuan saya ikan botia india ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 13 hingga 15 cm. Berbeda dengan botia sumatra yang dapat tumbuh hingga mencapai ukuran lebih dari 20cm.

Harga ikan botia india ini tidak terlalu mahal, di wilayah jakarta biasanya ikan botia ini di jual dengan harga mulI dari Rp. 5.000 hingga Rp. 25.000 tergantung seberapa besar ukuran ikannya. Perbedaan harga bisa saja terjadi di setiap wilayah lho guys.. Untuk dekorasi aquariumnya, anda bisa menggunakan batu-batu kecil sebagai media dasarnya, kemudia gunakan tanaman penghias. Bisa pakai tanaman hidup maupun tanaman plastik. Sesuaikan dengan selera anda guys…

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

5 respons untuk ‘Botia India: Botia Lochata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s