Perbedaan Antara Potbelly, Pregnant, dan Dropsy Pada Ikan Koi…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Jalan-jalan di dunia maya memang mengasyikkan, sekaligus menambah ilmu pengetahuan kita. Seperti yang saya temukan dalam berselancar di sosial media berikut ini. Kali ini saya akan mengangkat topik tentang ikan koi, terutama mengenai Perbedaan antara Potbelly, Pregnant, dan Dropsy Pada Ikan Koi. Sebelumnya saya juga belum tahu pasti tentang hal ini, namun teman-teman di group Komunitas Pecinta Koi (KPK) di Facebook ada yang memberi pencerahan, dan saya rasa tidak ada salahnya untuk saya share kepada masbro dan mbaksis yang mungkin juga belum mengetahuinya.

Dishare oleh Bapak Edy Huang di Group KPK (komunitas pecinta koi) di facebook…..

image

POTBELLY
Potbelly adalah Perut buncit akibat kelebihan makan. Jadi perut ikan koi yang gendut akibat dari nafsu makan ikan yang tak terkendali serta diiringi pemberian makan yang berlebihan.
Cara mengatasinya:

” ikan yang terkena potbelly di pisah dan dikurangi jatah makannya. kalau hampir sekolam terkena potbelly, dikurangi porsi makannya, atau gunakan pelet yang lebih kecil dan di tebar dengan merata ke kolam.” Edy Huang (edited by ferboes.com)

Untuk ikan yang terkena potbelly cukup mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi oleh ikan supaya tidak bertambah gemuk.

image

PREGNANT (HAMIL)
Ikan koi yang sedang pregnant (hamil) perutnya terlihat lebih membulat dan terkesan menggantung kebawah.
Cara mengatasinya:
Ikan yang sedang membawa telur harus segera dipijahkan atau dikawinkan. Misalnya tidak dilakukan pemijahan tidak masalah, karena biasanya telur akan keluar dengan sendirinya tanpa proses pemijahan. Tapi hati-hati karena perkawinan yang tidak disengaja didalam kolam bisa menyebabkan air menjadi tinggi amonia nya dan berbahaya bagi ikan-ikan yang lain. Biasanya air didalam kolam menjadi keruh dan berbusa.

image

DROPSY

“DROPSY “adalah kondisi di mana tubuh ikan terinfeksi oleh bakteri yg menyerang GINJAL ikan, juga dikenal sebagai Bloater atau penyakit biji pinus, biasanya disebabkan oleh parasit sporozooan atau disebabkan oleh bakteri Aeromonas atau Pseudomonas. jika belum terlambat dan masih dalam gejala awal, besar kemungkinan masih bisa di sembuhkan. tanda”nya jika sudah terlambat, mata melotot, perut membengkak seperti mau meledak & sisik berdiri seperti terbalik.
Cara mengatasi:
Kalau masih dalam gejala awal bisa dilakukan pengobatannya dengan menyuntikkan antibiotik intraperitoneal. Anda juga bisa memberi makan antibiotik dalam pakan obat.

Itulah sedikit info tentang perbedaan antara Potbelly, Pregnant, dan Dropsy pada ikan koi.
Jika ada yang kurang, tolong ditambahkan. Jika ada yang salah mohon dibenarkan.
Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda para pecinta ikan koi.
Untuk diskusi lebih lengkapnya, silahkan bergabung [disini]

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
My Blog: http://www.ferboes.com
http://saiisoku.wordpress.com
http://lapakferboes.wordpress.com

25 respons untuk ‘Perbedaan Antara Potbelly, Pregnant, dan Dropsy Pada Ikan Koi…!!!

Tinggalkan komentar