DOLPHIN: Sangat berbeda dengan dolphin air laut.

image

Hallo masbro dan mbaksis.. Apa kabar semuanya….???

Apa yang ada dibenak anda saat mendengar kata DOLPHIN…???
Pasti langsung kepikiran sama ikan lumba-lumba yang lucu itu khaaannn….????
Nah, di dunia ikan hias air tawar juga ada ikan dolphin, akan tetapi….. dolphin air tawar sangat jauh berbeda bentuk fisiknya dengan ikan dolphin air laut.
Lalu, kenapa bisa dinamakan ikan dolphin…??? Entahlah, kalo menurut pendapat saya pribadi sih, mungkin gaya berenangnya mirip seperti ikan dolphin.

image

Ikan dolphin terkenal cerdas dan bersahabat, berbeda dengan dolphin air tawar. Ikan ini sangat agresif dan sangat usil. Kerjaannya tiap hari berantem terus dengan saudara-saudaranya. Bahkan sampai ada jatuh korban. Jiaaannn……. pusing banget deh kalo pelihara ikan ini. Kalo bisa cukup pelihara satu ekor saja. Karena jika lebih dari itu, bukan gak mungkin akan ada yang mati.

image

Makanan ikan ini cacing beku, dan untuk design aquariumnya lebih baik diberikan tempat persembunyian yang cukup banyak. Misalnya, pakai kayu bakau atau potongan pipa yang disusun rapi. Karena ikan ini sangat agresif sekali. Herannya, sama ikan lain cukup akur, hanya sesama jenis saja mereka saling gigit. Kenapa bisa begitu ya….???

image

Ikan dolphin ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 60 cm.

” Dan, jika sudah besar bagian tubuh dari belakang kepala sampai ekor, bisa mengandung aliran listrik. Jika anda pegang dengan tangan kosong, maka anda akan kesetrum.”

Harga ikan ini mulai dari 25.000-30.000 rupiah per ekor untuk ukuran 6-8 cm. Jarang sekali ada yang jual diatas ukuran 20 cm. Kalaupun ada, pasti harganya sangat mahal. Untuk ukuran 50 cm dulu (2011) dijual dengan harga 650.000 rupiah per ekornya. Ikan ini termasuk ikan musiman juga. Gak selalu ada barang di pasaran. Ikan unik ini tergolong kurang diminati. Mungkin karena warnanya yang kurang menarik.

image

Bagaimana menurut brosis, Apakah anda pernah melihat ikan ini, atau mungkin sudah pernah memeliharanya…???
Sangat berbeda dengan dolphin air laut khaaann… ???

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Posted by Ferboes Richardson

22 respons untuk ‘DOLPHIN: Sangat berbeda dengan dolphin air laut.

Tinggalkan komentar