Penggantian oli sebaiknya dilakukan pada jarak tempuh berapa Km yaaa…….?????

Hallo masbro dan mbaksis….. Apa kabar semuanya…???

Tak terasa sudah hampir 3 bulan nge-blog dan menulis artikel satu demi satu. Hal yang awalnya hanya sekedar iseng-iseng ealaaaahhh…. Ternyata semakin lama semakin menyenangkan juga. Nah…. Ini salah satu enaknya punya blog dan kawan-kawan yang baik dan ga’ pelit ilmu. Jika mungkin dibidang ikan hias khususnya ikan hias air tawar saya sudah hampir menguasai ilmu 60% ….. Berbeda jika tentang hal otomotif khususnya roda dua. Saya buta mesin dan ga tau apa-apa tentang mesin, pokoknya kalo ada masalah ya larinya ke bengkel langganan :mrgreen:

Sekarang pake “aji mumpung” nih….. Mumpung lagi santai saya ingin bertanya kepada para kawan-kawan dan para suhu otomotif yang sekiranya berkenan berbagi ilmu…..

“Penggantian oli yang baik itu sebaiknya dilakukan setelah jarak tempuh berapa km (kilometer) siiihhhh……????”

Selama ini si “jupe sexeh” saya ganti oli setelah menempuh jarak 1000km atau biasanya pas setelah menerima gaji tiap bulan :mrgreen:
Kata bengkel sih “katanya bisa tahan sampai 2000km lebih masih ga’ apa-apa. Tapi kalo baca dibuku panduan, penggantian oi dilakukan setelah menempuh jarak 500km. Nah looohhh….. Bingung khaaannn…..???? Makanya saya ambil garis tengahnya saja yaitu diangka 1000km ganti oli. Selama ini si jupe sexeh ga ada perawatan khusus…. Hanya membersihkan & menyemprotkan minyak pada rantai, mencucinya, mengencangkan rantainya, cek aki 3bulan sekali, service setahun sekali :mrgreen:

Selain itu juga ga pernah dipanasin mesinnya, setiap pagi, nyalain mesin langsung tancap gass…… Weeerrrrrrr……!!!!!
Kira-kira perawatan apalagi yang harus dilakukan supaya mesin dan performa tetap stabil dan yahuuuttt….????
Mungkin kawan-kawan ada yang memiliki motor ini dan mau berbagi tips dan sarannya kepada saya….
*kok malah jadi seperti novel gini…???

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Salam satu aspal :mrgreen:
(mase…… Aku nyilih sloganmu yooo….!!!)

Jupe sexeh

66 respons untuk ‘Penggantian oli sebaiknya dilakukan pada jarak tempuh berapa Km yaaa…….?????

  1. ane sih tiap 1000 km atau 2 bulan sekali (mana yg lebih dulu dicapai), malah sekarang ini udah hampir 3 bulan blm ganti oli (belum sempet & rencana sekalian service aja), maklum tunggangan ditinggal di kampung, pulang cuma 2 minggu sekali, make cuma 2 hari doank hehe..

  2. _bro fitready….
    wah awet dong kalo jarang dipake :mrgreen:

    _bro wongndeso…
    Waduh….. Apa ga kasar tuh bunyinya gan???

    _bro ayi…..
    #glodaaakkkk….. Ga skalian ampe kering gan…??? :mrgreen:

    _bro abalabal……
    Sama seperti selama ini :mrgreen:

  3. Lo blade ane tiap 2000km ganti oli, kalo serpis ringan 4000km skali cm stel klep, bersihin karbu ama filter udara trus biasa ganti busi tiap 8000km.

  4. njz ane…harus ganti oli 21 hari skali..kira2 sekitar 2000km…klo sampe telat lagi kek dulu….bakal ngebul tu njz ane…..

  5. sama Bro, si mimin ganti tiap 1000 km juga, itu pun bisa nyampe 2-3 bulan… Ngga pernah pergi jauh… Udah 2 tahun aja km masih 9 ribuan… Hehe…

  6. Sebelum ane jawab, coba lihat lagi di buku panduan, setahu ane kalo 500km itu pergantian oli pada pemakaian awal, untuk selanjutnya biasanya 3000km ato 3 bulan mana yg lebih dulu tercapai … Tapi menurut ane sih tergantung beberapa faktor, seperti jenis oli, pemakaian kendaraan dllnya .. Kalo saran ane .. Tiap bulan cek oli, lihat warna dan kekentalannya, kalo sudah banyak berubah, lebih baik diganti meski belum 3000km ato belum 3 bulan ..

  7. ane 1500 km gan, semenjak istri hamil perjalanan ane hampir 150 km per hari, nganter jemput kerja, jadi 10 hari sekali dah ganti oli,
    kalo ane cocoknya pake castrol aktip soale gak pernah dipanasi motornya, pake yang laen kasar mesinnya

  8. _bang kobay…
    Iya bang… (kalo ga salah baca :mrgreen: )
    Oh iya…. Tuh.. Kata kang cicakcerdas malah 300km 😯

    _bro cicakcerdas…
    300km…???? Ga’ salah ketik kan…???

    _bro kupaw…..
    Si jupe juga ga’ pernah dipanasin…. Starter langsung tancap gass… :mrgreen:
    Oh ya…. Oli pake shell advance yg warna kuning 😀

  9. Jangan terpaku tanggal,

    Sebaiknya km yg jadi acuan,

    1000km itu sudah bener jgn 2000 kasiha motornya,

    2000 km itu sudah paling mentok deh,

    Oli sebagus apapun tetep jgn lebih dr 2000 kalo ga ngebul

    😆

  10. Baiknya, baiknya loh ya, mesin dipanasin dulu, gak perlu lama, 1 menit lah, kasih kesempatan olinya melumasi part mesin dulu, kan pagi pagi atau habis berhenti lama, posisi oli ada dibawah/turun.
    Ya ibarat kita mau futsal/olahraga, gak langsung lari kenceng kan? Bisa aja, tp dapat cidera cenderung lbh tinggi…
    Atau boleh juga lsg jalan asal gak langsung digeber..pelan2 aja dulu..
    http://kobayogas.com/2013/11/30/minor-change-si-baby-shiro-z/

      1. Betul, panjangnya kek gitu, lapisan oli yg melindungi, makanya oli jgn sembarangan itu ya gitu, oli yg baik lapisan filmnya gakan ikut turun, tp tetep nempel kek cicak.
        Gpp gak setuju hehe, perbandingan dgn organ manusia hanya memudahkan dalam membayangkan saja, oli itu seperti darah di tubuh manusia, dia mengalir ke segala arah yg dibutuhkan mesin (atau tubuh di manusia), pompa oli ibarat jantung manusia.
        Saat berolah raga, jika jantung belum siap dipacu lebih cepat kira kira efeknya gimana, bedanya adalah darah selalu mengalir di manusia, tidak statis, that’s a good thing, kalau mesin? Kan olinya saat ga dipake gak tetap mengalir…itu knp butuh sesaat utk dipanaskan.
        Itu pendapat ay hehe…

  11. Tergantung API service nya Om….
    SJ ……..1.000 km
    SL………1700 km
    SM……..2500 km

    ane pake BM1 pc 7000, 5-30 SM

      1. Berarti gak perlu ganti oli selama 1 tahun tuh….
        pasti olinya merk BIMOLI ya… emang manteb BIMOLI… hehehe

  12. _bro PD…..
    Siiiiip bro… Kalo gitu tetap diangka 1000km aja deh… Soalnya disini ada yg bilang bisa tahan sampai 4000km 😯

    _bang kobay…..
    Kan ada iklannya bang…. Bekerja sejak mesin pertama kali dihidupkan :mrgreen:

    _mbah buyut….
    Oke gan…. Kaianya saya tetep main diangka per 1000km aja bro 😀

  13. lah tiger ane tiap 200 km kalo lagi turing :mrgreen:
    intinya selama dirasa oli belum jelek ya dipake aja…tandanya oli sudah jelek antara lain: kopling selip -perseneling berat – tarikan jadi lemot dan mesin gampang panas…..bisa jadi seperti saya tiap 200km atau bisa seperti yg lain di 1000 atau 2000km

  14. punya saya 1 bulan sekali, soale gawe ngojek dolanan juga…wes 6 tahun berjalan ke 7 masih woke, ra tau serpis besar, aki mantep ngecek air 4 bulan skali, ganti busi skali, mlayu 100+ masih bisa ( on speedo )…oli castrol activ montor jupiterz 2007.

  15. wew,, saya jarang pake motor dah 3 taon baru 6000km..
    ganti oli 1 taon sekali,, baru 2 x ganti oli,,
    servis pertama,, taon kemaren,, taon ini belom ganti oli.. -_-

  16. Aku ni punya avanza, pake oli helix, pakenya jarang. Makenye, biar dah hampir setahun kilometer masih dibawah 3000. gemana, apa mesti ganti oli ? Tolong petunjuknya, Gan

  17. Gan nanyak nih 😬 kalo oil gardan di ganti dalam jarang 3000km tuh gimana ? Kan maximalnya 8000km toh ! Semakin baik kah, ato sebaliknya ?
    Thx😁

  18. Mau ikutan nanya nih mas, motor aku beat, udah dua tahun. berhubung masih awam banget gak ngerti apa2. aku ganti oli setiap sebulan sekali gak merhatiin kilometernya. paling motor dipake cuma buat kerja doang mas. kira2 aku harus ganti oli rutin berapa bulan sekali yaa mas?

Tinggalkan komentar