Cara menentukan Besaran pompa untuk Aquarium…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya….???

Mungkin sebagian brosis masih ada yang bingung tentang “bagaimana cara menentukan berapa besar pompa air untuk aquarium/kolam”

Cara dibawah ini sangat simple dan mudah.
Pertama-tama kita harus tahu dulu berapa volume air di dalam aquarium/kolam kita.
Nah, cara menghitungnya cukup sederhana.
Yaitu dengan cara: panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) lalu dibagi 1000.
Misalnya: Aquarium ukuran100 x 50 x 50 cm, volume airnya adalah: 100*50*50=250.000:1000= 250 liter.

image

Kemudian cara menentukan besarnya pompa untuk aquarium/kolam anda adalah:
-Pilihlah pompa yang memiliki kekuatan pompa minimal dua kali dari volume aquarium/kolam anda. Jadi misalkan Aquarium 100*50*50 cm seperti contoh di atas pompa yang sesuai adalah: 250 x 2 = 500 l/h.
Itu kekuatan minimal lho… Tergantung ikan yang anda pelihara. Bisa juga tiga atau empat kali dari volume air di dalam aquarium/kolam anda.

Biasanya akan tercantum di dalam kemasan pompa filter yang akan anda pilih….
Sebagai contoh:

image

Contoh tabel kekuatan pompa air yang tercantum di kemasannya.

-Yang kedua, pilihlah power (watt) yang tidak terlalu besar, supaya tidak memberatkan tagihan listrik anda. Disesuaikan dengan seberapa besar aquarium/kolam anda.

“Sebagai catatan: untuk aquarium/kolam ikan koki dan ikan koi, butuh pompa yang cukup besar. Minimal tiga kali lipat dari volume air didalam aquarium/kolam anda. Semakin besar ikannya dan semakin banyak ikannya,  maka membutuhkan pompa filter yang lebih besar”

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu bagi anda yang masih bingung untuk menentukan seberapa besar kekuatan pompa untuk aquarium/kolam anda.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Posted BY Ferboes Richardson

Baca juga yang berikut ini guys…




60 respons untuk ‘Cara menentukan Besaran pompa untuk Aquarium…!!!

  1. Kalau saya memiliki kolam koi (8 atau 9 ekor ikan) dengan ukuran :
    (Panjang 120cm x Lebar 60cm x Tinggi 60cm) / 1000 = 432 Liter
    kolam dibuat dengan air yang turun melalui dinding (seperti air terjun yang merambat dinding), kira-kira Pompa Merek apa dan Ukuran berapa?

    Terima kasih atas infonya

    1. Tinggi dindingnya lupa gak disebutin gan. Untuk kolam ukuran seperti itu bisa pakai pompa Hailea HX-8830 (2900 l/h) 45 watt 🙂
      Kalo tinggi dindingnya lebih dari 2 meter, minimal pakai yang 5000 l/h 🙂

      1. Walaaahhh…. kalo tinggi 3 meter harus pake pompa yang besar skalian pipanya juga. Minimal 3/4″. Kalo pompanya bisa pakai yang 8000-10.000 l/h supaya air yang mengalir cukup merata.

      2. merek apa yang bagus dan harga berapa Gan? mengingat pompa akan bekerja setidaknya +/- 16 jam. selebihnya malam hari, saya ganti dengan pompa gelembung udara yang saya punya.

  2. Saudara Ku jawab yah! tuk aquarm *arwana* uk.120x60x60 pakai Eheim classic seri brapa, harganya Rp.? trims.

    1. Bisa pakai eheim classic tipe 2217 1000 l/h kapasitas maximal 600 liter. Harga cek ke toko terdekat aja ya. Atau telepon ke Laris aquarium jakarta (021)5671025

    1. Anda bisa cari powerhead dengan kekuatan minimal 10.000 l/h. Merk banyak di pasaran. Kalau yang kuat biasanya merk aurumi, grunfos, atau merk china semacam Hailea.

  3. saya mau nanya gan..kalo volume akuarium 200 liter filter yang di gunakan apa ga?? berapa kira kira harganya..?? di jawab ya gan..makasih

  4. Menarik artikel nya gan…
    Gw jg udah buat kolam water wall… tp masih bingung buat nentuin pompanya, dari hasil perhitungan volume airnya di dpt 1250 l dgn ketinggian renc 2-3 m dari lantai kolam (water wallnya) Pompa apa recom nya gan?

  5. Gan akuarium sy 80 x 30 x 35. Sy isi ikan koki dan sebagian ikan yg lain2. Bagusnya pakai pompa yg ukuruan berapa ya..??

    Tolong di jawab ya gan.😄

  6. Gan. Kalo ukuran tank 90x30x30 cocok pake filter jebo tipe berapa gan?

    Mohon pencerahan nya gan.

Tinggalkan komentar