PLECO’S: ikan sapu-sapu yang eksotis…..!!!

image

Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Masih ingatkah artikel saya tentang ikan sapu-sapu yang harganya lebih dari satu juta rupiah….????
Kalo tidak ingat, bisa anda baca lagi di sini.

Kali ini saya posting beberapa jenis ikan pleco yang harga nya tidak sampai menyentuh angka satu juta rupiah. Memang jenis ikan ini sendiri ada ratusan, tapi tidak semua jenisnya di sukai para kolektor dan peng hobbies ikan pleco.
Untuk saat ini, jenis ikan pleco yang paling mahal masih di pegang oleh L.46 atau biasa disebut zebra pleco. Ukurannya kecil, tapi harganya gede :mrgreen:
Selain jenis itu masih ada jenis lain yang harganya jutaan juga. Cuman ukurannya juga besar contohnya LDA.63 dan L.114

image
Pleco LDA.63
image
Pleco L.114

Untuk jenis pleco diatas, dijual seharga 1,25 – 1,75 juta rupiah. Di bawah ini beberapa jenis ikan pleco yang harganya tidak sampai menyentuh satu juta rupiah…

image
Pleco L.07
image
Pleco L.30
image
Pleco LDA.31
image
Pleco L.75
image
Pleco L.134
image
Pleco L.204
image
Pleco LDA.33
image
Pleco L.368
image
Pleco L.48
image
Pleco L.02

Diantara ikan pleco diatas yang paling murah adalah pleco L.02 yang dijual seharga 75-100 ribu rupiah untuk ukuran +-5-6 cm. Sedangkan yang paling mahal adalah pleco L.48 yang dijual seharga 600-750 ribu rupiah untuk ukuran 13-15 cm. Yang lainnya dijual sekitar 300-350 ribu untuk ukuran +-5-7 cm.
Harga di atas mungkin tidak sama di setiap wilayah karena harga ikan ini memang gak stabil.

Jika barangnya banyak bisa murah, sedangkan semakin langka juga akan semakin mahal.

image

Ada juga sapu-sapu albino yang matanya berwarna merah, semua ikan pleco memang memiliki corak yang berbeda-beda. Beberapa tahun lalu banyak sekali para hobbiea pleco yang memburunya, mungkin  karena batas kejenuhan dan terbatasnya jenis yang baru, lama kelamaan existensinya pun menurun.

Bagaimana dengan anda brosis …..????
Apakah anda salah satu penghobbie ikan ini…???
Lalu, bagaimana pendapat anda tentang ikan pleco ini…..????
Benar-benar exotis khaaannnn…….

image

image

image

image

image

image

image

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Iklan

43 respons untuk ‘PLECO’S: ikan sapu-sapu yang eksotis…..!!!

      1. nyang warna nya item om…

        harganya yg murah kok om.. 20 ribu dpet banyak.. cuma seneng aja ngeliat dia nempel di kaca.. xixixi

  1. Awal membangun aquascape sering saya memburu ikan sapu2 ini, tp sekarang beralih ke siput sebagai perbersih lumut nya. Satu yang masih awet sampe skrang ikan tikus si corydoras + baby guppy yang sudah besar skrang 😀

      1. Cuma sekilas aja mas, nggak detail bahas teknik aquascapenya. ada kok tag khusus aquascape

  2. Om tau ga pleco yg L134 ada dijual dimana yah… Lagi demen banget liat sapu” lucu.. Sampe anjing saya jg suka liatnya 😅

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s