Cara Mempertahankan Warna Hitam Ikan Koki Pemeliharaan Indoor…!!!

image

Ferboes.com – Hi guys…!!!
Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana cara mempertahankan warna hitam ikan mas koki. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan warna ikan mas koki menjadi pudar dan pucat. Salah satunya sudah pernah saya bahas. Klik disini untuk membacanya.

Hal paling utama adalah kebutuhan sinar matahari. Lalu, bagaimana jika pemeliharaan di dalam ruangan (indoor)…???
Saya ada sedikit tips dan saya sendiri sudah mencobanya dirumah. Berikut ini adalah tips simple yang saya lakukan…

image

Tips sederhana tersebut adalah dengan cara memasang stiker hitam pada aquarium. Cara pasangnya juga sudah pernah saya tulis di artikel terpisah. klik disini untuk membacanya.

Saya memasang stiker warna hitam di bagian belakang, samping kanan dan kiri, serta di bagian bawah aquarium agar suasana di dalam aquarium menjadi sedikit redup. Dan sejauh ini, ikan mas koki milik saya yang berwarna hitam maupun yang bercorak hitam (calico dan tiger) warna hitamnya tidak menjadi pudar dan bahkan semakin kuat. Meskipun saya memeliharanya di dalam ruangan (indoor). Untuk lampu yang saya gunakan, saya menggunakan lampu celup biasa dengan daya 10 watt 6000 kelvin yang saya nyalakan -/+ 12 jam sehari. Saat malam saya matikan ketika sudah mau tidur.

Untuk pakan yang saya gunakan, ada beberapa macam pakan yang saya berikan kepada ikan-ikan peliharaan saya di rumah. Macam-macam nya adalah sebagai berikut…
– Hikari Lionhead
– Hikari Spirulina
– Hikari Saki Colour
– Hikari Saki Growth
– dan Hokky Growth
Banyak banget ya guys…. :mrgreen:
Dulu saya sering beli makanan ikan untuk mencari mana yang cocok. Akhirnya numpuk-numpuk tuh makanannya πŸ˜€

image

Untuk ikan-ikan yang masih kecil, saya berikan pellet yg berukuran S (small) yaitu campuran antara Hikari Lionhead dan Hikari saki colour (sinking pellet), terkadang saya juga berikan cacing beku. Untuk ikan yang besar saya pakai pellet berukuran mini dan berukuran M (medium) yaitu campuran antara Hikari Spirulina, Hikari saki growth, dan Hokky growth (floating pellet).

Untuk mempertahankan warna hitam dan mencerahkan warna ikan, memang paling bagus adalah tank outdoor, sehingga kebutuhan sinar matahari tercukupi. Dan warna ikan menjadi cerah. Beberapa diantara ikan mas koki saya yang berwarna RW (red white) berubah menjadi kuning karena kekurangan sinar matahari. Sudah resiko jika memelihara ikan indoor seperti saya. Meskipun sudah memakai makanan dengan kandungan spirulina untuk menguatkan warna, tetap saja beberapa di antara nya menjadi semakin pucat. Mungkin genetiknya memang kurang kuat. Atau ada penyebab lainnya. Saya kurang paham kalau tentang hal tersebut.

Nah..  Mungkin diantara kamu ada yang bingung dengan perubahan warna ikan mas koki khususnya yang berwarna hitam, mungkin tips sederhana diatas dapat membantu.
Oh ya… Untuk ikan mas koki jenis sisik mengkilap memang susah untuk mempertahankan corak warnanya di dalam ruangan. Namun kalau untuj ikan mas koki jenis sisik transparan, masih ada harapan untuk mempertahankan warna hitamnya.


Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

13 respons untuk β€˜Cara Mempertahankan Warna Hitam Ikan Koki Pemeliharaan Indoor…!!!’

  1. saya jg begitu,,
    tiap piara yg item pasti pudar d,,
    menurut saya cara satu2nya biar ga pudar,,
    jgn kebanyakan dalam aer yg menyebabkan warna jadi luntur

  2. memang perlu dijemur biar hitam, atau dikasih suasana gelap. dan jangan dikasih pemutih. contohnya air putih, nasi putih dan yang serba putih lainnya :mrgreen:

Tinggalkan komentar