HEATER: Fungsi dan kegunaan…..!!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya…..????

Musim hujan telah tiba dan biasanya bisa membawa bermacam-macam penyakit. Begitu juga untuk ikan kesayangan anda. Di saat hujan biasanya suhu air di dalam aquarium bisa turun drastis, dan itu bisa saja membuat ikan anda terserang penyakit. Bisa saja stress sampai terkena katarak (cloudy eyes)
Makanya selalu sediain HEATER untuk aquarium anda.

“Apa sih fungsi heater itu…???”

Heater biasanya juga disebut sebagai pemanas air. Maksud dari “pemanas air” disini bukan untuk memasak air yaaa… :mrgreen:
Maksudnya adalah untuk menghangatkan atau meningkatkan suhu air pada aquarium anda. Bisa juga untuk menjaga supaya suhu air di aquarium anda tetap stabil meskipun di musim hujan seperti ini.
Adapun cara untuk memilih heater itu sendiri, sesuaikan dengan volume air aquarium anda. Perhatikan tabel berikut ini…

image

Pilihlah heater yang sesuai dengan kapasitas volume air di dalam aquarium anda. Untuk suhu maksimal, biasanya heater ini bisa di setting hingga 32-34° celcius. Kebanyakan heater yang dijual sudah otomatis, artinya heater akan mati sendiri saat suhu airnya sudah sesuai dengan  yang anda setting. Misalnya anda setting di angka 30° celcius, maka heater akan atomatis mati disaat suhu air sudah mencapai suhu tersebut. Dan akan hidup kembali saat suhu airnya mulai turun lagi, begitu seterusnya.

image

Heater biasanya sudah dilengkapi dengan lampu indikator untuk mengetahui apakah heaternya bekerja atau tidak (perhatikan gambar diatas)
Saat lampu menyala, itu berarti heater sedang bekerja (menyala) dan saat lampu indikator mati, berarti suhu air di dalam aquarium sudah mencapai suhu yang anda setting pada heater tersebut.

Selain untuk menjaga suhu air supaya tetap stabil, heater juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat pengobatan pada ikan. Contohnya saat ikan anda terkena penyakit katarak (cloudy eyes) atau saat luka-luka karena bakteri.

image

Ikan yang sensitif sangat membutuhkan alat ini untuk menjaga suhu air supaya stabil.
Contohnya adalah ikan arwana dan ikan discus.
Biasanya ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis. Jadi kalau ikan anda terlihat ada perubahan perilaku, segera pasang heater ini saat suhu air aquarium mulai menurun.

image

Nah, itulah sedikit ulasan dari saya tentang heater ini. Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan anda tuangkan pertanyaan anda di kolom komentar.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Baca juga yang berikut ini guys…




Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

 

74 respons untuk ‘HEATER: Fungsi dan kegunaan…..!!!!

  1. Berapa duitan ky gt mas?
    Kl buat aquarium yg 170x50x50 pake yg mn?
    Btw takut kepanasan, kemaren dl arwana saya ada yg mati, pas dipegang aernya anget gt.

    1. Kalo yg made in german agak mahalan bro. Diatas 250 ribu. Kali yg china punya sekitar +50 ribuan. Kan bisa di setting suhunya bro. Dan biasanya sudah otomatis. Untuk aquarium brotha bisa pake yg 150 watt

    2. yap bisa di setting,,
      tapi takutnya ky gt,,
      ga bisa ada fitur dinginin udara c ya,,
      btw harga diantara 50 – 250 ga ada ya?
      jd ya jgn yg murahan,, jgn yg kemahalan jg gt,,

  2. Hai saya pendatang bru yang masih minim pengetahuan tentang ikan.
    Btw,mau tanya heater ini kebanyakan dijual dimana? Ada ngak dijual di toko ikan?
    Trus gmn perawatan ikan yang luka karna terkena penyaring air? Ikan maskoki ku luka parah 😦 bisa dbilang luka.a luka borok hiks! Ini gi perawatan ksh blitz icht+tmbhkn garam tapi air.a dingin krn dikarantina bukan d aquarium lain tkt.a tdk bermanfaat tuh obat.a. Please,helf me. Dan apa ada beda.a harga +50 dgn 250 tentang pemanas.a ? Thank you.

  3. Hai aku pendatang bru yang sangat minim pengetahuan tentang perawatan ikan. Mau tanya,dimana banyak dijual heater ini? Ada ngak dijual ditoko ikan?
    Trus,gimana perawatan untuk ikan yang luka? Soal.a ikan kesayangku ikan maskoki luka. 😦 luka.a parah,luka seperti borok karna tersedot ma penyaring air di aquarium. Hiks! 😥 nih gi perawatan dan dikarantina tp bkn diaquarium. Aku ksh obat blitz icht+garam. Tapi air.a dingin takut.a obat.a tidak ada manfaat.a. Please helf me,thank you.

    1. Luka2 bisa disembuhkan pake pomate atau el bayu. Ikan dipisahkan ke aquarium lain. Kasih gelembung atau filter (cukup kapas aja) setiap 1 atau 2 hari ganti air 50% lalu tambah obat lagi. Biasanya 1 minggu sudah baikan

  4. bro saya mau tanya2 ini,saya memelihara ikan aligator 1 pasang tpi masih kecil ,di aquarium yang sudah saya taro batu2 dan hiasan lainya dan juga alat filter ,yg mau saya tanyakan
    1.ikan aligator saya ini sering sekali di dasar air ,apakah ini tidak apa2? apa ikan aligator memang seperti ya jarang ke permukaan air
    2.kalo 1 hari sebelum menguras air akuarium ,bisakah AIR PDAM di gunakan untuk sementara di endapkan selama 1 hari 1 malam ?
    3.ukuran akuarium saya tinggi 27 cm ,panjang 60 cm ,lebar 30 cm
    apa dengan ukuran segini ikan aligator saya bisa tumbuh ke fase2 berikutnya, atau tempat yang cocok untuk bertumbuh hingga ke dewasa ?
    4.apa heater ini cocok untuk pemakaian akuarium yg berisi ikan aligator 2 dan ikan sapu sapu 2 ?
    5.apakah heater ini terus dibiarkan di dalam akuarium ato ada perawatan khusus

    mohon balasanya ya Sob thanks

    1. Hallo bro johan. Saya coba bantu jawab ya…
      1. Biasanya ikan aligator memang cenderung berenang di dasar aquarium.
      2. Air PDAM bisa dipakai, sebaiknya saat diendapkan juga di kasih gelembung dari aerator minimal 1x24jam.
      3. Untuk ukuran aquarium bisa mungkin harus ganti saat ikan aligatornya berukuran 25-30cm nantinya.
      4. Heater biasanya di pakai kalau ikan lagi sakit saja. Kecuali ruangan anda ber-AC.
      5. Heater biasanya otomatis, saat suhu sudah mencapai pada settingan, maka heater akan mati dengan sendirinya.
      Semoga membantu 🙂

      1. Terima kasih bro atas jawaban sebelumnya ..
        1.tambahan bro maaf byk nanya2 baru memelihara ikan sekelas ikan begini sih hehehey ,maaf ralat bro,ikan saya lebih sering di permukaan sih ,apa itu tidak apa2 ? sementara pakan ikan kecil yg saya berikan lebih sering di dasar ,ikan saya malas bergerak mengejar ikan kecil trs(ikan guppy sekarang di akuarium ada 5 ekor) ,setelah saya perhatiin kemarin ikan guppy yg berenang di dasar pas berdekatan dengan muncung si aligator lgsg di lahap bro,tadi pagi saya ngasih makan lagi ikan guppy ada 5 ekor langsung,tpi blom dimakan2, tanda2 gini apakah memang ciri khas ikan ini ato ada yg tidak beres dgn ikan saya ?
        2.untuk mata ikan saya , yang ikan aligator A ke 2 matanya terang , dan ikan aligator B ke 2 matanya agak gelap tapi tidak berselaput ,ini menurut bro gimana? apakah tidak apa2 ?
        3.bro ciri2 umum ikan aligator yg sedang sakit seperti apa?
        4.mengurasnya bisa setiap 10 hari gak bro? sudah termasuk pembersihan semua(filter dll) ,air untuk mengurasnya pakek air PDAM kan bro? dan ikanya di taro di tempat lain dulu untuk sementara ,aman gk mengeringkan di terik matahari? ato lebih baik di lap saja
        5.di akuarium saya ada ikan sapu2 tuh bro 3 ekor,apa ini aman2 saja, ukuranya sama seperti ukuran aligator saya
        6.apakah jangkrik dan cicak bisa untuk pakan si ikan aligator ini bro
        7.untuk penggunaan LAMPU LV setiap malam ya bro di nyalakan?

        lengkap saja saya tanyakan ya bro hehe ,mohon jawabny
        Terima kasih 🙂

  5. bro saya mau tanya2 ini,saya memelihara ikan aligator 1 pasang tpi masih kecil ,di aquarium yang sudah saya taro batu2 dan hiasan lainya dan juga alat filter ,yg mau saya tanyakan
    1.ikan aligator saya ini sering sekali di dasar air ,apakah ini tidak apa2? apa ikan aligator memang seperti ya jarang ke permukaan air
    2.kalo 1 hari sebelum menguras air akuarium ,bisakah AIR PDAM di gunakan untuk sementara di endapkan selama 1 hari 1 malam ?
    3.ukuran akuarium saya tinggi 27 cm ,panjang 60 cm ,lebar 30 cm
    apa dengan ukuran segini ikan aligator saya bisa tumbuh ke fase2 berikutnya, atau tempat yang cocok untuk bertumbuh hingga ke dewasa ?
    4.apa heater ini cocok untuk pemakaian akuarium yg berisi ikan aligator 2 dan ikan sapu sapu 2 ?
    5.apakah heater ini terus dibiarkan di dalam akuarium ato ada perawatan khusus

    mohon balasanya ya Sob thanks

  6. sama seperti di atas nih ,aku mmlihara ikn aligator jg ,mw tny2 nih ,ap air hujan bisa utk ikn aligator ini ? ,klo cara pggunaan anti chlorine crystal tuh gmna y,apa lgsg dimasukin ke air aquarium yg msh berisi ikan2 ny ,ato gmn ,plis dijwb ya msih minim pgthuan nih

    1. Air hujan…??? Belum pernah pakai sih, tapi seharusnya tidak masalah, yg penting di aerasi dulu. Kalo anti chlorine crystal langsung pakai boleh, tapi lebih disarankan untuk di kasih ke air tampungan yang hendak dipakai 🙂

      1. gan minta pendapat lbh baik menguras air(membersihkan smwnya,filter dll) ato hnya mengganti air akuarium 30%(filter juga di brsihkan) ,kira2 1 bln utk ikan ini,brp kli mengganti air dan mmbrsihkan filter nya

      2. Kalau mau kuras total, harus pakai air yg sudah di aerasi minimal 1×24 jam. Lebih malam lebih bagus, atau sebulan sekali 50% saja masbro

  7. gan ferboes,bisa gak memelihara ikan alligator 3 ekor di ukuran aquarium 60x30x30 ,dan juga cara membedakan jantan sama betina gmna ya? mw memelihara yg kecil ini hehehe suwun

      1. ukuran aligator saya 20 cm an bro, di ukuran aquarium segitu kira2 dlm tempo 1 tahun bisa nambah brp CM ke 3 ikan saya itu
        iya sih bro cuman sementara aja nanti mau bikin kolam ,klo sudah lumayan besar ikanya heheh

  8. Kira-kira jika ikan kita tinggal untuk waktu yang lama, sebaiknya heaternya apakah perlu terus diaktifkan, seberapa aman memasang headter untuk ikan kita mas. terimakasih udah di share..salam

    1. Heater otomatis bisa dipasang terus karena sudah otomatis mati jika suhu sudah mencapai yg kita setel. Dan menyala kembali saat suhu mulai turun

  9. Teman, kalau air nya berbuih, buih bisa hilang sendiru gak teman,
    Ada pengaruh gak sama ikan teman ?

  10. hallo gan pendatang baru nich
    begini gan, heater aku rusak(retak). itu masih bisa digunakan lagi gk ya..?
    klo di lem pake silikon bsa gk ya gan…?

  11. Hallo gan saya pendatang baru,
    saya mau tanya, mata Ikan arwana saya yang sebelah kanan katarak, makan juga gak mau.
    kalau saya masukkan ikan yang kecil2 dan udang kedalam aquarium, ikan dan udangnya langsung mati.
    Mohon untuk sarannya gan,?

    1. Halo gan…. Untuk sementara jangan dikasih makan dulu. Penyakitnya diobatin dulu sampai sembuh. Selama sakit, nafsu akan arwana pasti drop.
      Untuk obatnya bisa tanya ke toko ikan hias terdekat dikota agan. Atau bosa beli obat pomate

  12. Om mau nanya nih , kallo nurunin ph air buat ikan arwana pake apaan yah ? Soalnya ph nya 9.0 om .
    Sama merawat biar ph stabil itu gimana om .
    Kan kemaren kemaren ikan di pindahin dulu karna ngambil sama daun daunannya di ga adain . Eh pas kesituin lagi malah jadi ga nafsu makan ikannya , ga kaya biasanya .
    Maksudnya kalo ga ada pasir sama daun daunnya biar bebas gitu om

    1. Tolong jawab yah , perlu bantuan . Udah 3 hari ga di kasih makan , pas di kasih makan udang ga nafsu makannya ga kaya dulu .

Tinggalkan komentar